You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 19 Mei 2011

Kemerdekaan Terhadap Dosa
Bacaan hari ini: Roma 8:1-2
“Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” (Roma 8:2)

Kewaspadaan dan kehati-hatian dalam mengenal tipu muslihat Iblis yang dapat menuntun kita untuk jatuh ke dalam dosa, harus disertai dengan pemahaman yang benar mengenai “kehidupan yang benar di dalam Kristus.” Hal ini sangat penting untuk dipikirkan dan dilakukan oleh setiap orang Kristen supaya mereka tidak mudah tergelincir dan jatuh ke dalam dosa, karena mereka adalah orang-orang yang telah dimerdekakan dari dosa.

Rasul Paulus menegaskan dalam Roma 8:1-2, “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” Apa maksud pernyataan Paulus ini? Dua hal yang dapat dipahami berkaitan dengan pernyataan Paulus, adalah:

Pertama, kalimat ini merupakan kesimpulan dari penjelasan Rasul Paulus yang ada dalam Rm. 6:1-7:25, mengenai karya Kristus yang telah membebaskan setiap orang percaya dari kuasa dosa dan hukum Taurat. Mereka yang hidup di dalam iman kepada Kristus tidak akan mengalami penghukuman karena dosa ataupun pelanggaran terhadap hukum Taurat. Mengapa demikian? Oleh karena, kematian dan kebangkitan Kristus telah menghapuskan hukuman itu dan menggantikannya dengan kehidupan baru di dalam Kristus.

Kedua, kalimat ini merupakan permulaan dari suatu kehidupan dalam tuntunan Roh Kudus (maksudnya, karya Roh Kudus atas kehidupan orang yang sudah dimerdekakan dari dosa, dalam Kristus). Paulus menegaskan bahwa orang percaya, telah dimerdekakan dari dosa dan kuasanya, dalam Kristus, oleh Roh Kudus. Mereka yang sudah dimerdekakan dari dosa dan kuasa dosa, dimampukan (diberi kekuatan/kemampuan) oleh Roh Kudus untuk melawan dan berperang dengan dosa, sehingga mereka tidak lagi dikuasai oleh dosa dan tidak mudah tergelincir di dalam dosa. Karena itu, bersyukurlah kepada Tuhan dan hiduplah dalam pimpinan-Nya, sehingga kita dapat mengalahkan tipu daya dosa.

STUDI PRIBADI: Apa artinya, bahwa orang Kristen tidak lagi hidup di bawah kuasa dosa? Apa yang Tuhan berikan kepada kita agar kita menang melawan tipu daya dosa?
DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi jemaat Tuhan agar mereka senantiasa hidup dalam pimpinan Roh Kudus dan kebenaran firman Tuhan, sehingga mereka tidak mudah dikalahkan oleh tipu daya dosa.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply