You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 28 Mei 2011

Menjadi Satu
Bacaan hari ini: Yohanes 17:1-26
“Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 17:21)

Tuhan Yesus bukan hanya mengajarkan hal berdoa kepada murid-murid-Nya, tapi Ia juga berdoa bagi murid-murid-Nya. Ini merupakan hal yang penting dan menjadi teladan bagi setiap pemimpin (baik di rumah, di kantor, di gereja dan di manapun), agar mereka bisa mendoakan orang-orang yang dipimpinnya (murid-muridnya).

Apabila kita memperhatikan dengan teliti, maka di dalam doa Yesus ini, terpancar kasih yang amat dalam kepada murid-murid-Nya. Seharusnya, kasih inilah yang menjadi dasar kita berdoa, khususnya tatkala kita berdoa bagi mereka yang kita pimpin. Melalui doa Tuhan Yesus, kita dapat melihat dan belajar bahwa: (1) Jika kita menjadi murid Tuhan dan mendapatkan hidup kekal di dalam Kristus, maka hal itu merupakan anugerah Allah. Allah lah yang telah memilih dan memberikan kita kepada Kristus sehingga kita mendapatkan anugerah-Nya yang indah (ay. 2, 6, 7, 9, 12, 24).

(2) Hidup kekal didasarkan pada pengenalan yang benar kepada Allah, yang benar, dan kepada Yesus Kristus, yang diutus oleh Allah (ay. 3).
(3) Setiap orang percaya adalah milik Allah dan Kristus (ay. 9, 10).
(4) Setiap orang percaya dipersatukan dalam dan melalui Kristus (ay. 11, 21, 22).
(5) Kristuslah yang memelihara dan menjaga setiap orang percaya agar tidak binasa (ay. 12).
(6) Kristus bukanlah dari dunia, maka dunia membenci-Nya. Demikian juga setiap orang percaya yang menjadi milik Kristus, dibenci oleh dunia (ay. 14, 16).
(7) Setiap orang percaya dipimpin-Nya dan dikuduskan-Nya, di dalam kebenaran firman-Nya (ay. 17, 19).
(8) Allah telah mengutus Yesus Kristus, demikian juga Kristus, Ia mengutus kita ke dalam dunia untuk menyatakan kasih dan kebenaran-Nya (ay. 3, 18, 21, 23, 25).
(9) Kristus mengasihi setiap orang percaya (kita) supaya kasih-Nya ada di dalam kita dan kitapun dapat mengasihi-Nya dan juga mengasihi sesama kita (ay. 26).
(10) Setiap orang percaya akan berada bersama-sama dengan Kristus, di manapun Kristus berada (ay. 24).

Melihat semua ini, hendaklah kita bersyukur dan tidak menyia-nyiakan anugerah-Nya!

STUDI PRIBADI: Apa yang Kristus telah lakukan untuk kita? Apa yang telah Anda lakukan bagi Kristus?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat agar mereka mengasihi Kristus dan rela melakukan yang terbaik demi kemajuan dan pertumbuhan tubuh Kristus (gereja-Nya) di tengah-tengah kondisi dunia saat ini.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply