You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 05 Juli 2011

Roh Kudus Dalam Diri Orang Percaya
Bacaan hari ini: 1 Yohanes 2:26-27
“Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya.” (1 Yohanes 2:27)

Dalam menghadapi anti-Kristus dan pergumulannya, orang Kristen tidak pernah ditinggalkan sendirian oleh Allah, seolah-olah mereka harus menghadapi ancaman iman mereka dengan pengetahuan dan kekuatan sendiri. Dalam pembicaraan tentang anti-Kristus, Yohanes menyinggung mengenai pekerjaan Roh Kudus dalam diri orang percaya. Yohanes menyebut pekerjaan Roh Kudus tersebut sebagai “pengurapan yang diterima orang percaya dari Allah,” sebagaimana yang Yesus janjikan dalam Yohanes 14:16-17. Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah Tritunggal yang akan memimpin orang percaya ke dalam seluruh kebenaran, yaitu iman kepada Yesus Kristus (Yoh. 16:13).

Yohanes mengingatkan bahwa Roh Kudus telah diberikan dan tetap tinggal dalam diri orang percaya. Roh Kuduslah yang akan memimpin dan mengajarkan segala kebenaran tentang Kristus, keselamatan, dan juga kehidupan Kristen di dalam Tuhan, sebagaimana tercantum dalam Alkitab. Karena itu, orang Kristen harus menyadari bahwa: Pertama, Roh Kudus akan menjadi penolong dan memberi kesaksian dalam diri orang percaya. Kesaksian Roh Kudus dalam diri orang percaya dikerjakan-Nya dalam hal mendorong dan memimpin orang Kristen untuk mengenali kebenaran. Itulah sebabnya, kemampuan kita mengenal kebenaran bukanlah karena kepandaian atau kemampuan diri kita, tetapi adalah karya Roh Kudus yang ada di dalam diri kita; dan apa yang dikerjakan-Nya itu, tidak akan salah. Yohanes mengatakan, “Pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta.”

Kedua, Roh Kudus meneguhkan firman Tuhan. Selain mengajarkan bahwa Roh Kudus menuntun orang percaya dalam kebenaran, Yohanes juga memberikan penegasan, bahwa tuntunan Roh Kudus tersebut tidak akan bertentangan dengan pengajaran Kristus atau firman Tuhan sendiri. Roh Kudus justru akan meneguhkan kebenaran yang telah diajarkan Kristus pada mereka. Dengan kata lain, pekerjaan Roh Kudus akan sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Karena itu, mari terus bertekun di dalam Tuhan, melalui pimpinan Roh Kudus, dengan ketaatan kepada firman-Nya.

STUDI PRIBADI: Apa tujuan Roh Kudus diberikan kepada orang percaya? Mengapa karya Roh Kudus tidak akan bertentangan dengan firman Allah? Jelaskan!
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi setiap orang percaya agar mereka hidup di dalam pimpinan Roh Kudus dan kebenaran firman Tuhan, sehingga mereka mampu membe-dakan, manakah ajaran yang benar dan yang salah.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply