You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 18 November 2011

Pelaku Firman
Bacaan hari ini: Yakobus 1:19-24
“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja...” (Yakobus 1:22)

Apakah yang membuat orang sukses dalam usaha? Karena ia mau mempraktekkan ilmu yang dipelajari, dicoba berulang kali, sehingga berhasil. Sama halnya dengan seseorang mau hidup sehat; ia harus rajin olah raga dan makan secukupnya. Jika hanya makan tidur tanpa olah raga, maka rawan penyakit. Demikian juga kehidupan rohani kita, jangan hanya bisa menyerap firman Tuhan, tapi juga harus menjadi pelaku firman.

Pertama, menjadi pendengar yang baik. Kiat menjadi pelaku firman perlu diawali dengan sikap cepat mendengar, dari pada cepat berkata-kata. Sering kali, seseorang mengucapkan kata-kata yang salah dan tidak tepat sehingga mengundang kemarahan dan sakit hati lawan bicaranya. Banyak mendengar menambah perbendaharaan kata dan membuat seseorang lebih berakal budi. Ia tahu membaca situasi, kapan harus berbicara, kapan harus bertindak. “Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan tepat pada waktunya” (Ams. 15:23).



Kedua, sedikit bicara atau bicaralah seperlunya. Jangan mengumbar kata-kata yang tidak berguna, apalagi perkataan yang tidak membangun sesama. Dalam Amsal 25:11, diingatkan, “Perkataan yang diucapkan tepat waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.” Sedangkan, barangsiapa mengumbar kata-kata dia akan dicemooh (Ams. 25:10). Jika hendak banyak bicara, harus berdasarkan firman Tuhan karena mengandung kuasa, wibawa dan nasihat (2Tim. 3:15-16), bukannya banyak kata-kata kita sendiri!

Ketiga, menjadi pelaku firman. Apakah yang dirasakan oleh Yakobus? Yaitu, kehidupan orang Kristen tidak efektif, tidak memberikan pengaruh yang positif, bahkan menjadi batu sandungan, karena tidak menjadi pelaku firman Tuhan yang baik. Sehingga terjadi perselisihan, ketidakharmonisan; dan pada akhirnya merusak hubungan yang ada di antara mereka. Jika hanya mendengar saja, tanpa melakukan firman Tuhan, ia menipu dirinya sendiri. Sebaliknya, bila setiap orang menjadi pelaku firman Tuhan, maka suasana persekutuan, hubungan sesama akan baik dan bertumbuh.

STUDI PRIBADI: Apa sebabnya orang Kristen sering gagal dalam melakukan firman Tuhan? Apa saja yang harus kita lakukan agar kita menjadi pelaku firman? Apa manfaatnya?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat agar mereka tidak hanya menjadi pendengar firman Tuhan, tetapi menjadi pelaku, sehingga perilaku dan relasi mereka, di antara jemaat, dapat terjalin dengan baik dan menjadi berkat.

Download Versi PDF





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply