You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Obstructive Sleep Apnea Syndrome
O.S.A Syndrome

Dikarenakan saya juga mengalami gangguan tidur atau yang sering disebut Obtructive Sleep Apnea Syndrome ( OSA ), maka saya berminat untuk membagikan beberapa informasi apa sih OSA itu.

Berikut saya berikan deskripsi nya.


Sleep apnea adalah gangguan serius di mana napas berulang kali berhenti cukup lama untuk mengganggu tidur dan sementara mengurangi jumlah oksigen dan meningkatkan jumlah karbon dioksida dalam darah.


  • Orang dengan apnea tidur sering sangat mengantuk pada siang hari, mendengkur keras, dan memiliki episode terengah-engah atau tersedak, jeda bernapas, dan tiba-tiba terbangun dengan mendengus.
  • Meskipun diagnosis apnea tidur sering bisa berdasarkan gejala, dokter biasanya menggunakan polysomnography untuk mengkonfirmasikan diagnosis dan menentukan beratnya.
  • Continuous saluran udara tekanan positif, peralatan oral dilengkapi oleh dokter gigi, dan kadang-kadang operasi yang digunakan untuk mengobati apnea tidur.




Sleep apnea terjadi ketika bernapas terganggu selama tidur untuk periode lebih dari 10 detik. Ada tiga jenis: obstruktif sleep apnea, sleep apnea pusat, dan tipe campuran.


Obstructive sleep apnea, jenis yang paling umum, disebabkan oleh penutupan berulang tenggorokan atau saluran udara bagian atas saat tidur. Jenis apnea mempengaruhi sekitar 4 sampai 9% orang paruh baya di Amerika Serikat. apnea tidur obstruktif lebih sering terjadi pada orang gemuk. Obesitas, mungkin dalam kombinasi dengan penuaan dan faktor lainnya, menyebabkan penyempitan saluran udara bagian atas. penggunaan alkohol berlebihan memperburuk apnea tidur obstruktif. Memiliki tenggorokan sempit, leher tebal, dan kepala bulat-fitur yang cenderung berjalan dalam keluarga-meningkatkan risiko apnea tidur. Hypothyroidism atau pertumbuhan berlebihan dan abnormal karena produksi berlebihan hormon pertumbuhan (acromegaly) dapat berkontribusi untuk apnea tidur obstruktif. Pada anak-anak, pembesaran amandel atau kelenjar gondok, beberapa kondisi gigi (seperti overbite besar), dan cacat lahir beberapa (seperti rahang bawah yang abnormal kecil) dapat menyebabkan apnea tidur obstruktif.


Central sleep apnea, jenis langka banyak, disebabkan oleh masalah dengan kontrol pernapasan di otak (yang dicapai di batang otak). Biasanya, batang otak sangat sensitif terhadap perubahan tingkat darah karbon dioksida (produk sampingan dari metabolisme). Ketika tingkat tinggi, batang otak sinyal otot-otot pernapasan untuk bernapas keras dan lebih cepat untuk menghilangkan karbon dioksida melalui pernafasan, dan sebaliknya. Dalam apnea tidur tengah, batang otak kurang sensitif terhadap perubahan tingkat karbon dioksida. Karena batang otak merespon perlahan ke penumpukan karbon dioksida dalam darah, respon tubuh yang berlebihan, mengakibatkan overventilation. Demikian pula, karena batang otak merespon perlahan-lahan untuk penghapusan karbon dioksida dari darah, respon tubuh-jeda bernafas-yang berkepanjangan. Orang yang memiliki gagal jantung atau penyakit otak berat, seperti stroke yang mempengaruhi batang otak, mungkin memiliki sleep apnea pusat. Dalam salah satu bentuk apnea tidur sentral, disebut kutukan Ondine, yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir, orang dapat bernapas tidak cukup atau tidak sama sekali kecuali ketika mereka sepenuhnya terjaga. Menggunakan opioid, resep pereda nyeri yang kuat, dapat menyebabkan apnea tidur pusat. Berada di ketinggian tinggi juga dapat menyebabkan apnea tidur pusat. Sebuah tumor otak adalah penyebab yang sangat jarang. Tidak seperti apnea tidur obstruktif, sleep apnea sentral tidak terkait dengan obesitas.


apnea tidur Campuran, jenis ketiga, adalah kombinasi dari faktor-faktor sentral dan obstruktif terjadi di episode yang sama apnea tidur. Episode sleep apnea campuran yang paling sering dimulai sebagai kejadian apnea obstruktif, dan diperlakukan seperti kejadian apnea obstruktif.



Apakah Anda Tahu ...


  • Orang yang memiliki kantuk di siang hari yang berlebihan dan yang mendengkur harus membicarakan gejala-gejala ini dengan dokter mereka.
  • Orang dengan apnea tidur obstruktif harus menghindari alkohol dan obat penenang, terutama sebelum tidur.


Gejala


Gejala saat tidur biasanya pertama kali diperhatikan oleh pasangan tidur, teman sekamar, atau teman serumah. Dalam semua jenis sleep apnea, pernapasan dapat menjadi abnormal lambat dan dangkal, atau mungkin tiba-tiba berhenti bernapas (kadang-kadang sampai 1 menit), kemudian melanjutkan.


Dalam apnea tidur obstruktif, gejala yang paling umum adalah mengganggu mendengkur, dengan episode terengah-engah atau tersedak, jeda bernapas, dan tiba-tiba terbangun dengan mendengus. Orang itu mungkin terbangun tersedak dan ketakutan. Ketika apnea tidur obstruktif parah, diulang buti tidur-terkait mendengus dan mendengkur keras terjadi pada malam hari, dan mengantuk atau tidur siang sukarela terjadi pada siang hari. Pada orang yang hidup sendiri, kantuk di siang hari mungkin merupakan gejala yang paling mencolok. Akhirnya, kantuk mengganggu kerja siang hari dan mengurangi kualitas hidup. Misalnya, orang dapat jatuh tertidur sambil menonton televisi, saat menghadiri rapat, atau dalam kantuk yang lebih ekstrim bahkan ketika berhenti di lampu merah saat berkendara. Memori mungkin terganggu, dorongan seksual dapat dikurangi, dan hubungan interpersonal menderita karena orang tidak dapat berpartisipasi aktif dalam hubungan karena kantuk dan mudah tersinggung. Dalam apnea tidur obstruktif, risiko stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi meningkat. Jika episode apnea tidur obstruktif lebih sering dari sekitar 15 per jam, risiko kematian dini meningkat, sering di 5 sampai 10 tahun mendatang.


Orang yang sangat gemuk dapat memiliki sindrom obesitas-hipoventilasi (disebut sindrom Pickwickian) saja, atau dalam kombinasi dengan apnea tidur obstruktif. Kelebihan lemak tubuh mengganggu gerakan dada dan kelebihan lemak tubuh di bawah diafragma kompres paru-paru, yang menggabungkan menyebabkan dangkal, bernapas kurang efektif. Kelebihan lemak tubuh sekitar tenggorokan kompres saluran udara bagian atas, mengurangi aliran udara.


Hampir semua anak terkena mendengkur. tidur Gejala lain mungkin termasuk tidur gelisah, berkeringat di malam hari. Gejala siang hari mungkin termasuk pernapasan mulut, sakit kepala pagi hari, dan masalah berkonsentrasi. kantuk di siang hari berlebihan kurang umum daripada di kalangan orang dewasa dengan apnea tidur obstruktif.


Dalam sleep apnea pusat, mendengkur tidak begitu menonjol. Namun, tempo pernapasan tidak teratur dan terganggu oleh jeda. Cheyne-Stokes respirasi (pernapasan periodik) adalah salah satu jenis apnea pusat. Dalam respirasi Cheyne-Stokes, pernafasan menjadi lebih cepat, secara bertahap melambat, berhenti untuk waktu yang singkat, lalu mulai lagi. Kemudian siklus berulang. Setiap siklus berlangsung 30 detik sampai 2 menit.


Dalam semua jenis apnea tidur, gangguan dalam tidur dapat menyebabkan kantuk di siang hari, kelelahan, iritabilitas, sakit kepala di pagi hari, lambatnya pemikiran, dan kesulitan berkonsentrasi. Karena kadar oksigen dalam darah dapat menurunkan secara signifikan, irama jantung yang abnormal dapat mengembangkan, dan tekanan darah bisa meningkat.


Berkepanjangan, sleep apnea parah dari jenis apa pun meningkatkan risiko gagal jantung dan penyempitan pembuluh darah paru-paru. Kemudian jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk tubuh, dan paru-paru tidak dapat menyediakan oksigen yang cukup atau menghapus karbon dioksida cukup dari tubuh.


Diagnosa


Pada tahap awal, sleep apnea sering didiagnosis berdasarkan gejala. Diagnosis dikonfirmasi dan tingkat keparahan yang terbaik ditentukan di laboratorium tidur dengan menggunakan tes disebut polysomnography. Pada tes ini, electroencephalography (EEG-lihat Diagnosis Otak, Spinal Cord, dan Gangguan Syaraf: Elektroensefalografi) digunakan untuk memantau perubahan di tingkat gerakan tidur dan mata, Tingkat oksigen dalam darah diukur dengan elektroda ditempatkan pada jari atau daun telinga (a oksimetri prosedur yang disebut). Aliran udara diukur dengan perangkat yang diletakkan di depan lubang hidung, dan gerakan dan pola pernapasan diukur dengan sebuah monitor diletakkan di dada. Evaluasi ini dapat membantu dokter membedakan antara apnea tidur obstruktif dan pusat.


Karena ada laboratorium tidur terlalu sedikit untuk menguji semua orang, monitor portabel yang sering digunakan di rumah untuk membantu diagnosis apnea tidur. Monitor ini mengukur denyut jantung, kadar oksigen dalam darah, upaya pernapasan, posisi, dan aliran udara hidung.


Pengobatan


Dengan pengobatan, prognosis sangat baik. Hidup span tidak terpengaruh, dan sebagian besar komplikasi serius dapat dicegah.


Orang harus memperingatkan risiko mengemudi, mengoperasikan mesin berat, atau terlibat dalam kegiatan-kegiatan lain yang selama tertidur akan berbahaya. Orang yang menjalani operasi harus memberitahukan anestesi mereka bahwa mereka telah sleep apnea, karena anestesi kadang dapat menyebabkan penyempitan saluran udara tambahan.


Dukungan kelompok dapat memberikan informasi dan membantu orang-orang dengan sleep apnea dan anggota keluarga mereka mengatasi kondisi tersebut.


Obstructive Sleep Apnea: Kehilangan berat badan, berhenti merokok, dan tidak menggunakan alkohol berlebihan dapat membantu. Infeksi hidung dan alergi harus dirawat. Hypothyroidism dan acromegaly harus dirawat. Berat badan (bariatrik) operasi mengurangi sleep apnea dan membalikkan gejala pada sekitar 85% dari orang yang sangat kelebihan berat badan (obesitas tdk sehat).


Pendengkur berat dan orang-orang yang sering tersedak dalam tidur mereka tidak harus mengkonsumsi alkohol atau mengambil bantu tidur, menenangkan antihistamin, atau obat lain yang menyebabkan rasa kantuk. Tidur di samping atau mengangkat kepala tempat tidur dapat membantu mengurangi mendengkur. perangkat khusus diikat di belakang membantu mencegah orang dari tidur di belakang mereka. Berbagai perangkat lain dan semprotan dipasarkan untuk mengurangi mendengkur dapat membantu mendengkur sederhana, tetapi mereka belum menunjukkan untuk meringankan apnea tidur obstruktif. Ada beberapa prosedur pembedahan dipasarkan untuk mendengkur juga, tetapi ada sedikit bukti seberapa baik mereka bekerja dan berapa lama mereka efektif.


Orang dengan apnea tidur obstruktif, terutama mereka yang telah kantuk di siang hari berlebihan, manfaat paling diduga dari continuous positive airway pressure (CPAP). Dengan CPAP, orang bernapas melalui masker wajah atau hidung yang memberikan tekanan yang sedikit lebih tinggi di jalan napas. Ini alat peraga peningkatan tekanan tenggorokan terbuka sebagai orang bernafas masuk CPAP dapat diberikan dengan atau tanpa pelembab udara yang dikeluarkan. Tutup tindak lanjut oleh seorang praktisi kesehatan diperlukan selama 2 minggu pertama penggunaan masker yang tepat untuk memastikan fit dan memberikan dorongan yang tepat sebagai orang belajar untuk tidur dengan topeng.


peralatan oral Removable, dilengkapi oleh dokter gigi, bisa membantu meringankan apnea tidur obstruktif (dan mendengkur) pada orang dengan sleep apnea ringan sampai sedang. Peralatan ini, yang dipakai hanya saat tidur, membantu menjaga jalan napas terbuka. Kebanyakan peralatan memisahkan rahang dan mendorong rahang bawah ke depan sehingga lidah tidak bisa bergerak mundur untuk memblokir tenggorokan. Lain terus lidah ke depan.

Foto





Bedah kepala atau leher sebagai pengobatan untuk sleep apnea ini berguna jika ada pembesaran amandel atau penyumbatan jelas saluran napas bagian atas oleh struktur lain. Pembedahan kadang-kadang digunakan pada orang tanpa penyumbatan jelas jika tidak ada perlakuan lainnya telah bekerja. Prosedur yang paling umum adalah uvulopalatopharyngoplasty, di mana jaringan dari seluruh saluran udara bagian atas (misalnya, amandel dan kelenjar gondok) akan dihapus. Hal ini paling sering membantu pada orang yang memiliki sleep apnea ringan. prosedur bedah lainnya adalah kadang-kadang digunakan, tetapi mereka belum dipelajari sebagai secara menyeluruh. Pada anak-anak, pengangkatan kelenjar gondok dan amandel biasanya mengurangi apnea tidur.


Central Sleep Apnea: Gangguan yang mendasarinya diobati jika memungkinkan. Misalnya, obat-obatan bisa diberikan untuk mengurangi keparahan gagal jantung (lihat Beberapa Obat Digunakan untuk Kegagalan Perlakukan Tabel * Hati). Jika tidak, ada beberapa, baik dilakukan uji klinis. Oksigen disampaikan oleh Prongs hidung (tidak di bawah tekanan) dapat mengurangi kejadian. Asetazolamide Beberapa Nama Perdagangan

Diamox

memiliki beberapa manfaat bagi sleep apnea pusat, di permukaan laut serta ketinggian tinggi. Beberapa orang dengan sleep apnea sentral akan manfaat dari CPAP. Pasien dengan apnea sentral dari jenis Cheyne-Stokes memiliki acara yang lebih sedikit dan menunjukkan perbaikan pada gagal jantung dengan pengobatan ini tetapi tidak bertahan lama.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

2 Responses so far.

  1. obat tidur dijamin manjur sekali

    http://centralobatbius.com/

  2. thanks nice article

Leave a Reply