You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 13 April 2011

Gereja dan Firman Allah (1)
 
Bacaan hari ini: Kolose 1:25 


“Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu.” (Kolose 1:25)

Bacaan hari ini kembali mengingatkan gereja, bahwa masih ada satu tugas terakhir yang harus dikerjakan gereja, sebelum Tuhan Yesus datang kedua kalinya, yaitu mewariskan firman pada generasi yang akan datang. Paulus sadar, bahwa ia tidak akan hidup selamanya, maka ia meneruskan tugasnya kepada jemaat di Kolose.




Gereja yang tidak memelihara kemurnian Firman pasti mewariskan suatu ajaran yang menyimpang pada generasi berikutnya. Ini adalah efek domino. Menjaga atau memelihara adalah aspek present (kekinian), tetapi mewariskan adalah aspek masa depan. Gereja bukan hanya hidup dalam aspek kekinian saja, tapi juga harus melihat jauh ke depan (future). Gereja kita, mungkin, saat ini terlihat baik-baik saja, tetapi bila kita tidak menjaga dan mewariskan pengajaran yang murni bagi anak cucu kita, maka gereja sedang menuju kepada kehancuran.

Gereja saat ini berada pada suatu jaman yang disebut postmodernage. Suatu jaman yang menolak kebenaran yang absolute, bahkan meragukan apakah kebenaran itu ada. Konsekuensinya adalah, iman Kristen tidak bisa dipastikan kebenarannya. Itulah sebabnya, banyak gereja tidak merasa perlu mewariskan pengajaran yang sehat dengan berpikir bahwa kebenaran berubah-ubah dalam setiap jaman. Ini adalah suatu tipuan Iblis. Jaman memang berubah, tapi firman Allah tidak pernah berubah. Firman Allah adalah fondasi bagi gereja dalam setiap jaman. Gereja harus sadar bahwa sekali penyimpangan terjadi akan terus diwariskan kepada generasi berikutnya.

Tidak ada yang lebih dibanggakan dalam catatan sebuah sejarah gereja, selain bahwa gereja telah mewariskan pengajaran yang murni kepada generasi berikutnya. Karena itu, sebagai jemaat Tuhan, marilah kita belajar akan kebenaran firman Tuhan dengan baik, agar kita dapat mewariskan kebenaran Tuhan kepada anak-cucu kita di masa depan, yang notabene, mereka juga adalah anggota jemaat Tuhan di masa depan. Janganlah kita lalai melaksanakan tugas ini sebagai panggilan kita, pada masa kini!

STUDI PRIBADI: Apa alasan Alkitab menjadi fondasi bagi gereja Tuhan? Apa jadinya jika gereja mengabaikan kebenaran firman Allah?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat Tuhan agar mereka rajin merenungkan firman Tuhan dan memiliki semangat untuk senantiasa belajar dan melakukan kebenaran firman-Nya dengan penuh tangggung jawab. 


Selanjutnya
Sebelumnya





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply