You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 15 Mei 2011

Signifikansi Pentakosta
Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 2:14-28
“Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka...” (Kisah Para rasul 2:14)

Penantian para murid dalam pengharapan dan semangat yang besar membawa mereka kepada suatu pengalaman momentum Sejarah Gereja, yaitu datangnya Roh Kudus yg dijanjikan Tuhan. Pada hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan dalam pengalaman yang spektakuler untuk menyatakan beberapa hal penting.

Pertama, kedatangan-Nya dikonfirmasikan melalui manifestasi kuasa ilahi yang tidak dapat disanggah, melalui tanda-tanda supra-natural yang kasat mata, serta kuasa memberitakan Injil Kristus dalam bahasa-bahasa asing sehingga semua orang yang hadir, mengerti apa yang disampaikan dalam bahasa mereka, sekalipun para murid tidak bisa berbahasa seperti itu sebelumnya. Allah meneguhkan peristiwa penting ini dengan tanda-tanda yang sangat jelas, tak terbantahkan!



Kedua, kedatangan-Nya menandakan dimulainya satu era baru dalam kehidupan manusia; berdirinya Gereja Tuhan di Yerusalem, yg dilanjutkan dengan penyebarannya ke seluruh muka bumi. Bahwa Roh Kudus akan menyertai kehidupan Gereja dan orang-orang percaya secara permanen, mengerjakan kuasa yang dibutuhkan dalam pemberitaan Injil dan menjadi saksi Kristus, menjadi sumber kekuatan utama kehidupan orang percaya. Semua janji Tuhan yang berkaitan dengan peran Roh Kudus, dialami oleh setiap orang percaya—Ia membimbing, menegor, mengajar, menghibur, memberi kuasa untuk menjalani kehidupan yang berkemenangan.

Ketiga, kedatangan Roh Kudus bekerja untuk menggenapi rencana penebusan Allah, melahir-barukan orang berdosa agar dapat meresponi panggilan anugerah Allah. Rencana Allah yang bersifat melintasi ruang dan waktu, akan tergenapi oleh pekerjaan Roh Kudus yang juga tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Roh Kudus dapat mengerjakan karya keselamatan, di mana saja, kapan saja. Tanpa pekerjaan Roh Kudus, manusia berdosa tidak mungkin mampu mengerti, menangkap berita Injil dan meresponinya dalam pertobatan. Kelahiran baru orang berdosa, adalah pekerjaan Roh Kudus yang akan terus berlangsung sampai akhir zaman.

STUDI PRIBADI: Apa peran penting Roh Kudus bagi gereja Tuhan? Apa karya Roh Kudus yang penting bagi orang percaya?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi gerakan gereja Tuhan dalam menjalankan panggilannya di tengah-tengah dunia yang gelap, sehingga banyak orang boleh mendengar dan menerima keselamatan yang ditawarkan Tuhan Yesus.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply