You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Archive for November 2011

Jembatan Kutai Kartanegara Runtuh

Jembatan Kutai Kartanegara sepanjang sekitar 720 meter di Kabupaten Kutai Kartanegara yang melintasi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Sabtu sore, runtuh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah orang dan kendaraan yang melintas saat jembatan itu runtuh, namun hingga saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.


Continue Reading

Tips Kurangi Sakit Saat ‘Waxing’

Pembicaraan wanita seputar waxing (mencabut bulu tubuh) selalu menyebut-nyebut soal rasa sakit. Proses waxing, menarik bulu-bulu dari kulit dengan bantuan lilin, memang sering dibayangkan sebagai proses yang menyakitkan. Tak sepenuhnya salah, tapi tentu ada cara untuk mengatasi dan menguranginya.

Waktu yang tepat
Pemilihan waktu yang tepat bisa membantu mengurangi rasa sakit saat waxing. Dua-tiga hari menjelang dan sesudah menstruasi, kulit menjadi lebih sensitif jadi hindari waxing. Tentunya hindari juga waxing pada saat menstruasi karena beberapa bagian tubuh bisa menjadi lebih sensitif.

Jangan gunakan pelembap
Pada hari Anda melakukan waxing, jangan gunakan pelembap pada bagian yang dicabut bulunya. Kulit yang lembap akan membuat bulu-bulu melekat dan sulit dicabut. Akibatnya, bisa jadi waxing harus dilakukan berulang kali pada tempat yang sama sehingga menimbulkan rasa sakit lebih dan iritasi kulit. Usahakan area yang bulunya akan dicabut dalam keadaan kering sehingga mempermudah proses.

Posted in: ,

Continue Reading

Jangan Remehkan Luka Kaki

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ulkus atau luka kaki dapat menjadi masalah yang sangat serius bagi diabetesi Penting untuk menyembuhkan ulkus secepatnya.
Kerusakan saraf pada diabetes dapat mengurangi nyeri sehingga ulkus kaki kadang tidak menimbulkan rasa nyeri jadi sering diabaikan. Sejalan dengan waktu ulkus kaki atau gejala-gejala penyakit dapat merusak kaki secara serius.   
  
Ulkus adalah luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir. Ulkus bisa dikatakan  kematian jaringan yang luas dan disertai invasif kuman saprofit. Adanya kuman saprofit tersebut menyebabkan ulkus berbau, ulkus diabetikum juga merupakan salah satu gejala klinik dan perjalanan penyakit DM dengan neuropati perifer. Ulkus kaki diabetes (UKD) merupakan komplikasi yang berkaitan dengan morbiditas akibat diabetes mellitus.
Nah, untuk menyembuhkan ulkus secara cepat?  Ketika kita berjalan, setiap langkah seperti memukul ulkus dengan palu. untuk itu dapat  dibantu dengan menggunakan tongkat ketiak (cructches), sebuah zimmer atau kursi roda untuk tidak membebani ulkus.

Posted in: ,

Continue Reading

Sumber Pemborosan Tiap Hari

Tanpa sadar sehari-hari kita melakukan pemborosan. Kenali apa saja hal kecil yang bisa berpotensi menguras kantong Anda secara diam-diam.

1. Telat bayar tagihan
Denda dengan jumlah yang kecil memang kesannya sepele. Tapi lama-lama tak terasa akan menjadi banyak. Usahakan selalu tepat waktu dalam membayar berbagai tagihan listrik, telepon, Internet, sampai kartu kredit. Gunakan fitur pengingat di kalender ponsel, bila Anda tipe pelupa. Jika lembar tagihan belum datang dan tenggat tagihan sudah dekat, sebaiknya hubungi perusahaan bersangkutan untuk mengetahui jumlah tagihan. Apalagi untuk kartu kredit, terlambat bukan hanya membayar denda, tapi juga bunga.

2. Pembelian yang tidak masuk akal

Posted in: ,

Continue Reading

Gejala Stres Baru: SMS-an Saat Tidur

Gejala stres yang dihadapi orang-orang sibuk mengalami sebuah fenomena baru, yaitu SMS-an saat sedang tidur.

Kebiasaan aneh ini kala, penderita mengirimkan SMS berisi pesan yang aneh kepada keluarga atau teman, tanpa pernah disadari kita melakukannya saat tidur.

"Saya menangani pasien yang memiliki gangguan tidur, yakni sering mengirim SMS saat sedang tidur. Ini memang bukan kasus yang sering terjadi, dan yang pasti bukan tren yang biasa," ujar Dr David Cunnington, dari Melbourne Sleep Disorder Centre, Australia.

Menurut Dr Cunnington, mengirim pesan atau SMS selagi tidur merupakan akibat stres yang dialami seseorang, terlebih lagi padatnya aktivitas dan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan sepanjang hari.

Posted in: ,

Continue Reading

Perspektif 28 November 2011

Kedaulatan Tuhan
Bacaan hari ini: Rut 2:8-23
“TUHAN kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung.” (Rut 2:12)

Seringkali kita berpendapat, bahwa Tuhan tidak terlibat dalam urusan-urusan kecil dalam hidup kita. Tuhan hanya melakukan pekerjaan-pekerjaan besar! Terlalu repot bagi Dia untuk mengurusi hal-hal yang sepele. Ini adalah pemikiran yang salah! Jika kita percaya, bahwa Tuhan mengatur dan memelihara segala makhluk hidup atau ciptaan-Nya, maka kita harus percaya, bahwa Tuhan pun terlibat dalam perkara-perkara kecil hidup kita, sekalipun kita tidak menyadarinya. Inilah yang Rut alami. Tuhan terlibat dalam semua aspek kehidupannya, termasuk perkara-perkara kecil.

Pertama, berjumpa dengan Boas. Berjumpa kerabat adalah hal yang lumrah, karena masih memiliki pertalian saudara. Namun, perjumpaan Rut dan Boas bukanlah sesuatu yang kebetulan saja terjadi. Sekalipun Alkitab mencatat, bahwa “kebetulan” saja Rut berada di ladang Boas, tetapi hal ini tidak menjelaskan sesuatu yang terjadi tanpa Tuhan yang mengerjakannya (Rut 2:3). Dari perkataan Boas, kita mendapatkan konfirmasi iman Rut dan pemeliharaan Allah, yang disebut Boas sebagai upah dari Tuhan (bnd. Ibr. 11:6). Pernyataan Boas ini mengingatkan kepada kita, bahwa Allah terlibat dalam seluruh aspek kehidupan kita. Paulus pernah berkata: “Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan, bagi mereka yang mengasihi-Nya” (Rm. 8:28).


Continue Reading

Bonus Tahunan Bukan Buat Dihabiskan

Masa-masa menjelang akhir tahun seperti sekarang memang paling enak dipakai buat berkhayal soal bonus alias pendapatan tambahan. Beberapa orang sudah mulai memikirkan bonus akhir tahun bakal dipakai buat beli apa.
Tetapi berhati-hatilah dalam membelanjakan bonus (apalagi dipakai foya-foya). Bonus kodratnya adalah pendapatan sementara. Adapun pendapatan yang relatif bisa dibawa pulang tiap bulan secara pasti disebut pendapatan tetap.
Perlu diingat, setiap pendapatan selalu ada jatah untuk konsumsi dan tabungan. Jadi berapa besaran yang bisa dipakai buat konsumsi? Dalam menentukannya, harus mempertimbangkan masa akan datang, bukan hanya di saat menerima bonus.
Sejatinya, tidak ada orang yang ingin tingkat kesejahteraan atau kemampuan konsumsinya menurun. Karena itu, jangan hadapi masa depan dengan kantong kurus. Bijaklah memperlakukan pendapatan!
Berikut ini adalah simulasi berapa besaran yang sebaiknya dibelanjakan untuk konsumsi. Simulasi ini dibuat dengan mengabaikan faktor suku bunga, inflasi, serta penyesuaian pendapatan terhadap inflasi.


Continue Reading

Perspektif 27 November 2011

Pemimpin yang Baik
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 3:1-15
“Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat...” (1 Raja-raja 3:9)

Setiap orang dapat menjadi pemimpin; namun tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang baik juga bukan berarti bahwa ia adalah seorang yang dapat menyenangkan semua orang; atau memuaskan semua keinginan orang. Jika demikian, bagaimanakah seseorang dapat menjadi pemimpin Kristen yang baik?

Pertama, menaati perintah Tuhan. Integritas seorang pemimipin tidak dapat diukur dari kedudukan/jabatan yg diembannya. Artinya, kedudukan seseorang yang semakin tinggi, tidak berarti secara otomatis membuktikan bahwa dirinya semakin berintegritas. Integritas seorang pemimpin Kristen hanya dapat diukur dari ketaatannya terhadap perintah Tuhan. Semakin seorang pemimpin taat kepada Tuhan, maka semakin efektif pula segala yang dikerjakannya. Itu sebabnya, selama Salomo dapat menaati perintah Tuhan, kepemimpinannya menjadi semakin efektif dan kerajaannya pun semakin kokoh (1Raj. 2:46).


Continue Reading

Perspektif 26 November 2011

Ketika Keadilan Tuhan Dinyatakan
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 2:13-46
“Raja memberi perintah kepada Benaya bin Yoyada, lalu keluarlah Benaya, dipancungnya Simei sehingga mati. Demikianlah kerajaan itu kokoh di tangan Salomo.” (1 Raja-raja 2:46)

Jika kita membaca 1 Raja-raja 2:13-46, maka kita akan terkejut dan bertanya: “Mengapa Salomo harus membunuh sejumlah orang untuk mengokohkan kerajaannya?” Apakah membunuh mereka merupakan langkah terbaik untuk mengkokohkan kerajaannya?!” Jika kita membaca teks Alkitab tersebut sepintas lalu, maka kita akan berpendapat, bahwa Salomo adalah seorang pemimpin yang bengis atau kejam terhadap musuh-musuhnya. Namun, jika kita mengerti latar belakang dan persoalan yang dihadapi Salomo, maka kita akan menemukan pengajaran yang baik di dalamnya.

Pertama, keadilan Tuhan. Pembunuhan yang dilakukan Salomo terhadap para musuhnya merupakan perwujudan keadilan Tuhan (Ams. 16:10).


Continue Reading

Perspektif 25 November 2011

Kesombongan Berbuah Petaka
Bacaan hari ini: Bilangan 12:1-16
“‘Sungguhkah TUHAN berfirman dengan perantaraan Musa saja? Bukankah dengan perantaraan kita juga Ia berfirman?’ Dan kedengaranlah hal itu kepada TUHAN.” (Bilangan 12:2)

Penulis Kitab Amsal mengingatkan, bahwa “kesombongan” merupakan kekejian bagi Tuhan (Ams. 6:17). Namun, “kesombongan” ini seringkali menggoda manusia untuk menunjukkan bahwa dirinya lebih “hebat” dari orang lain. Bahkan sekalipun kapasitas dan kapabilitasnya mendukung pengakuannya, tetapi “mata dan hati yang sombong” tetap saja dibenci oleh Tuhan.

Dalam perkara Harun dan Miryam ini, kita belajar, bahwa Allah sangat membenci kesombongan. Sekalipun mereka adalah orang yang lebih tua dari Musa (kakak Musa), dan sepatutnya menerima penghormatan, tapi perkataan mereka tentang diri mereka dan Musa, adalah kesombongan pribadi. Pertama, mereka lupa bahwa mereka hanyalah hamba Tuhan. Kalimat “Sungguhkah Tuhan berfirman dengan perantaraan Musa saja?” Mengindikasikan, “mereka mengangkat diri mereka,


Continue Reading

Perspektif 24 November 2011

Tuhan Penuntun Hidupku
Bacaan hari ini: Yakobus 4:15
“Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” (Yakobus 4:15)

Surat Yakobus adalah surat praktis, yang sarat dengan hal-hal praktis. Kita bisa mengerti maksud penulis dengan mudah dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan kita. Penerima surat adalah “kedua belas suku Israel di perantauan” (Yak. 1:1). Kemungkinan besar, mereka adalah orang-orang Kristen, yang melarikan diri ke berbagai daerah seperti Fenisia, Siprus dan Antiokhia di Siria, setelah peristiwa kematian Stefanus karena aniaya. Yakobus menulis surat ini dengan tujuan, supaya mereka memiliki perbuatan baik, diikuti pula dengan iman yang murni. Surat ini juga ditujukkan kepada kita sebagai “para perantau di dunia ini.” Dalam Yakobus 4:13-15, penulis surat berbicara tentang mengikutsertakan Tuhan dalam segala rencana hidup kita. Mengapa demikian?

Pertama, karena kita tidak ada apa-apanya di hadapan Tuhan (ay. 13-14). Manusia memiliki banyak impian serta cita-cita. Demikian pula dengan kita, memiliki semangat dan kemampuan untuk dapat melakukan segala yang kita inginkan.


Continue Reading

Yoga untuk Menyelamatkan Bumi

Kelas yoga biasanya dimulai dengan pranayama, yaitu latihan pernapasan. Latihan ini dilakukan melalui hidung, tarik dan buang napas yang dalam untuk membawa kesadaran atas tubuh dan pikiran. Dengan memperhatikan napas, kita menetapkan tujuan berlatih yoga dan kita membuka diri terhadap energi yang akan mengalir ke dalam tubuh kita.

Bagi saya, latihan pranayama adalah latihan bersyukur. Kita selalu menerima napas seadanya dan tidak pernah benar-benar memperhatikan napas, saat menghirup oksigen maupun saat mengeluarkan karbon dioksida. Hanya pada saat sakit, flu misalnya, kita merasakan betapa napas kita sungguh berharga. Oleh karena itu, apabila kita mensyukuri napas, kita sesungguhnya mensyukuri hidup.


Continue Reading

Timnas SEA Games Kaget ada Suporter Tewas

JAKARTA - Dalam pergelaran akbar pertandingan final antara Indonesia melawan Malaysia tadi malam, para pecinta sepakbola tidak hanya kecewa dengan hasil negatif menyusul kekalahan skuad Garuda Muda, akan tetapi lebih dari itu, pertandingan tadi malam telah menyebabkan dua nyawa suporter melayang.
Pemain wing bek kiri Indonesia, Diego Michiels awalnya tak percaya dengan peristiwa tersebut. "Are you serious?" katanya bertanya usai pertandingan semalam.
Jika itu memang benar adanya, ia tak menyangka kejadian itu bisa terjadi.
"Saya kalah dari Malaysia merasa kaget. Tapi saya lebih kaget kalau ada suporter yang meninggal karena ingin melihat pertandingan kami," ucapnya yang tak lupa mengucapkan bela sungkawa.
Senada dengannya, striker timnas U-23, Patrich Wanggai. Dengan sedikit pinvang ia mengaku tak bisa menutupi kesedihan atas meninggalnya dua suporter.


Continue Reading

Air Terjun Sipiso-piso, Permata di Tanah Karo

Olenka Priyadarsani

Ketika seseorang berkunjung ke Sumatera Utara, tujuan utama wisata mereka pastilah Danau Toba. Air terjun Sipiso-piso pun berada di tepi Danau Toba, sayangnya objek wisata yang sangat menarik ini kurang dikunjungi wisatawan karena letaknya di tepi yang berbeda dengan kota Parapat, di mana wisatawan biasanya berkunjung.
 
Sipiso-piso terletak di sebelah utara Danau Toba, sekitar 24 kilometer dari Kabanjahe. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun Sipiso-piso terbuat dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba.

Ketika saya berkesempatan berkunjung ke tempat ini, pemandangan air terjun sungguh luar biasa. Air terjun yang kecil namun tinggi jatuh di antara tebing berwarna kehijauan. Dari gardu pandang yang dibangun pemerintah di Merek ini pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan air terjun, melainkan juga Danau Toba.



Continue Reading

Sandhy Sondoro: Nama Saya Salah Terus!

Sukses dengan aksi panggungnya dalam acara Road to Jakarta Blues Festival 2011 yang digelar di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (17/11) malam, Sandhy Sondoro tiba mengeluarkan keluhan yang sebenarnya terlihat kecil namun berakibat fatal. Dia mengeluhkan penyebutan namanya yang selama ini sering salah.
"Nama saya yang benar Sandhy Sondoro, S-a-n-d-h-y S-o-n-d-o-r-o," ungkapnya sambil mengeja, sebagaimana dilansir dari Kompas.
Pernyataan ini adalah sebagai bentuk klarifikasi mengingat selama ini namanya selalu dituliskan dan disebutkan dengan berbagai versi kesalahan, seperti salah penempatan huruf 'h', atau nama Sondoro yang kadang bisa berubah jadi Sandoro atau Sandora.
"Saya bukan Shandy atau Sandi, melainkan Sandhy Sondoro," lanjutnya.
Dalam kesempatan itu, Sandhy tampak mengenakan kaus dan celana hitam. penampilannya yang saat itu berhasil membawakan dua lagu dengan apik, diselingi dengan iringan gitar, rupanya berhasil membius penonton yang hadir dalam Jakarta Blues Festival 2011. (kpl/ris)


Continue Reading

Anggun Punya Bagian Tubuh yang Tidak Disukai

Anggun Cipta Sasmi memang membanggakan. Pada saat merilis album “Snow On The Sahara”, banyak pengamat musik internasional yang memuji suara Anggun dan sering menyebutnya sebagai Annie Lennox dari Asia. Dia telah menjual lima juta kopi album yang dirilis di lebih dari 30 negara serta mendapat banyak nominasi penghargaan bergengsi.

Lagu “Saviour” dari album ketiga Anggun “Luminescence” menjadi lagu tema dari film Hollywood “Transporter 2”. Prestasi wanita kelahiran 29 April 1974 ini tidak sampai di situ saja. Anggun berhasil meraih penghargaan "Le grand couer de l'annee" atas kontribusinya dalam sejumlah permasalahan sosial dan lingkungan hidup di Perancis. Pertengahan 2011, Anggun berhasil merilis album baru “Echoes”, album yang dia produseri sendiri.

Menjelang “Konser Kilau Anggun” di Jakarta pada 27 November mendatang, Yahoo! Indonesia OMG mewawancarai Anggun pada Selasa (22/11) siang. Di balik kesuksesannya, ternyata Anggun punya bagian tubuh yang tidak dia suka.


Continue Reading

Mobil Hybrid 'Tak Ramah' Bagi Pejalan Kaki?

Dalam studi yang dilakukan oleh HLDI (Highway Loss Data Institute) AS, sebuah afiliasi dari IIHS (Insurance Institute for Highway Safety), menunjukkan bahwa rata-rata pengemudi kendaraan hybrid 25 persen lebih mungkin terluka dalam kecelakaan dibandingkan pengemudi mobil non-hybrid.
"Berat adalah faktor terbesar," kata Matt Moore, Wakil Presiden HLDI, yang menulis laporan itu. "Hybrid rata-rata adalah 10 persen lebih berat daripada mobil-mobil standar sejenis mereka. Massa (berat) memiliki keuntungan dalam kecelakaan kendaraan konvensional, tapi mereka (hybrid) tidak memiliki," tambah Moore.
Moore menambahkan bahwa faktor-faktor lain, seperti bagaimana, kapan, dan oleh siapa mobil hybrid dikemudikan, juga terkait erat dengan dampak kecelakaan yang ditimbulkan. Namun para peneliti telah menyertakan sistem kontrol kendaraan untuk mengurangi faktor-faktor efek buruk terjadinya tabrakan sebagai hasil akhir.
HLDI sebelumnya telah melakukan penelitian terhadap 25 kendaraan hybrid maupun mobil bermesin konvensional dari jenis yang sama. Di sisi lain, sebuah studi terpisah HLDI termasuk memasukkan 17 kendaraan versi hybrid dan non-hybrid menunjukkan, rata-rata mobil hybrid 20% lebih mungkin untuk terlibat dalam kecelakaan dengan pejalan kaki dibandingkan versi non-hybrid.
Moore menjelaskan, inilah yang menjadi kelemahan dari mobil yang memiliki emisi gas buang nol terutama ketika mengemudi di lingkungan perkotaan.


Continue Reading

Mengapa Pewarna Rambut Berbahaya?

LONDON - Seorang wanita Inggris, Julie McCabe menjadi korban kesekian kalinya produk pewarna rambut. Dia mengalami koma sesaat setelah melakukan pembilasan cat rambut, seperti saran dalam kemasan produk cat rambut merek populer di dunia.

Dugaan sementara, ia mengalami keracunan zat kimia para-phenylenediamine (PPD) – yang terkandung dalam 99 persen produk pewarna rambut yang saat ini beredar di pasaran.
PPD sebelumnya telah dilarang di Perancis, Jerman, dan Swedia, dan sebuah studi AS telah menghubungkan paparan untuk itu untuk peningkatan tingkat kanker kandung kemih. Berdasarkan aturan UE, di Inggris zat ini bisa digunakan sampai 6 persen dalam satu produk pewarna rambut.
PPD adalah senyawa tidak berwarna tetapi mempunyai warna yang kaya ketika bereaksi dengan oksigen yang terkandung dalam bahan-bahan pewarna rambut, seperti hidrogen peroksida.
Kimia ini digunakan dalam banyak pewarna rambut permanen karena ia mengikat kuat ke rambut dan tidak luntur saat dicuci.


Continue Reading

Perspektif 23 November 2011

Kebahagiaan Orang Benar
Bacaan hari ini: Mazmur 112:1-10
“Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya.” (Mazmur 112:1)

Dalam Perjanjian Lama, kita sering menjumpai korelasi iman dan berkat, yang bagi kita pada masa kini, mirip dengan ajaran “teologi sukses.” Sebagai contoh adalah Mazmur 112; di dalamnya, Anda menemukan, bahwa pemazmur sedang mengungkapkan berkat-berkat dan kesuksesan dari mereka yang takut akan Tuhan. Jika demikian, apa perbedaan antara pengakuan pemazmur dengan teologi sukses?

Pertama, sikap terhadap “materi” dan “kesuksesan.” Apabila kita memperhatikan ungkapan pemazmur tentang “berkat” dan “kesuksesan,” maka hal itu merupakan suatu konklusi atau hasil dari seseorang yang takut akan Allah; bukan konklusi “keegoisan diri manusia” terhadap materi atau kesuksesan yang diharapkannya. Artinya, berkat dan kesuksesan bukanlah hasil “klaim dirinya” terhadap Allah,


Continue Reading

Perspektif 22 November 2011

Etika Bekerja: Menjadi Orang Aman
Bacaan hari ini: Daniel 6:1-5
“Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apa pun atau sesuatu kesalahan...” (Daniel 6:5)

Walaupun sebagai seorang budak tawanan perang, Daniel dikenal sebagai seorang pegawai tinggi kerajaan. Dan bukan hanya satu kerajaan, tapi dipekerjakan di dalam tiga masa kerajaan: Babel (Raja Nebukadnezar dan Raja Belsyazar) serta Media (Raja Darius). Hal ini menyatakan profil Daniel sebagai seorang pekerja yang luar biasa. Apa rahasianya?

Dalam perikop yang telah kita simak ini, secara khusus pada ayat ke-5, dicatat sebuah kesaksian yang luar biasa mengenai Daniel. Ia ditemukan sebagai seorang yang tidak ada kesalahan di dalam pekerjaannya. Yang lebih menarik, sang pemeriksa atau tim audit bukanlah rekan atau sahabat, melainkan musuh (orang yang benci kepada) Daniel. Posisi sebagai musuh ini seharusnya memudahkan pihak lawan untuk melihat banyak cela, tapi tidak demikian dengan Daniel. Dikatakan, tak ada satu kesalahanpun yang ditemukan di dalam segala pekerjaan yang dilakukannya. Pertanyaannya, apa yang menjadi kunci Daniel untuk dapat bekerja dengan demikian benar dan baik?


Continue Reading

Banjir dan Cuaca Ekstrem Akan Makin Sering Terjadi

Banjir besar yang menghampiri Thailand, gelombang hawa panas yang mendera Rusia, sampai banjir di Texas, adalah contoh-contoh kecil dari bencana yang akan terjadi di dunia yang menghangat. Itulah peringatan yang datang dari ilmuwan iklim dan pakar bencana internasional usai bertemu di Afrika.

Panel ilmuwan tersebut menyatakan bahwa dunia harus bersiap untuk cuaca ekstrem yang tak terduga dan lebih berbahaya akibat kenaikan rata-rata suhu global. Para pakar ini khawatir, tanpa persiapan, cuaca ekstrem akan menyerang suatu wilayah, sehingga wilayah itu tidak dapat ditinggali lagi.

Intergovernmental Panel on Climate Change atau IPCC yang pernah memenangkan Nobel Perdamaian mengeluarkan laporan khusus akan pemanasan global dan cuaca ekstrem, Jumat (18/11) setelah bertemu di Kampala, Uganda.


Continue Reading

7 Kiat Sukses Jadi 'Anak Baru' di Kantor

Menjadi anak baru di kantor memang bukanlah hal yang mudah. Jangan terjerumus dalam hal-hal kecil yang bisa membuat anda diasingkan. Pelajari 7 tips berikut ini.

Setelah melalui proses rekrutmen yang menantang, kini saatnya Anda memasuki kantor baru. Seperti apa teman kerja, lingkungan, dan apakah mereka akan menyukai Anda tentunya membuat hati berdebar-debar.

Jangan khawatir, selalu ada cara agar Anda mudah diterima. Ingat, jangan hanya fokus ke diri Anda tapi juga perhatikan lingkungan dan teman sekerja.

1. Cara Berpakaian

Anda adalah anak baru di kantor. Jangan berharap teman sekerja langsung bisa mengenali kepribadian Anda. Penampilan luar merupakan salah satu poin kesan pertama Anda. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak berlebihan di hari pertama bekerja. Seperti apa gaya berbusana di kantor baru bisa Anda pelajari saat datang wawancara atau ketika proses rekrutmen di kantor tersebut. Jika Anda belum pernah sama sekali mengunjungi kantor Anda,


Continue Reading

Memilih Investasi di Saat Krisis

Krisis di depan mata. Perkiraan Bank Indonesia, imbas tahun depan krisis global akan makin terasa. Apalagi sekarang, sudah US$ 4,7 miliar dana asing ditarik keluar.

Setelah lewat saluran pasar keuangan, krisis biasanya akan masuk lewat saluran sektor riil. Lemahnya daya beli di negara mitra dagang Indonesia membuat ekspor kita mengalami hambatan. Berarti, Indonesia sedang menanti datangnya efek negatif lebih dalam dari krisis yang sedang terjadi di kawasan global.

Bagaimana menyikapinya?
Ada nasihat klasik yang tak ada ruginya jika dijalankan. Yakni, sikapi situasi dengan tenang. Mulailah menghitung langkah apa yang harus dilakukan dengan tepat. Yang terpenting, amankan nilai aset atau uang dalam genggaman sekarang.


Continue Reading

Manfaat Bawang, Mulai dari 'Dopping' untuk Selalu Fit Hingga Obat Awet Muda

JAKARTA - Bagi para ibu yang sering memasak di dapur, tentu akrab dengan bawang putih. Selain selain digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, jenis bumbu yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Jika dihaluskan, bawang putih menghasilkan zat yang disebut  allicin. Alicin memiliki banyak keuntungan untuk menjaga terhadap penyakit tertentu.
Selain itu, bawang putih memiliki banyak manfaat sebagai antibakteri dan antioksidan. Sebagai antioksidan, bawang putih bisa memperlambat proses penuaan sehingga bisa menjadi ‘obat’ awet muda.


Continue Reading

Waspadai Pergerakan Pasukan AS di Australia

JAKARTA--Pemerintah Indonesia diminta untuk mencermati penempatan pasukan cadangan Amerika Serikat (AS) sebanyak 2.500 personil marinir di Darwin, Australia.
Demikian imbauan anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Muzani terkait pernyataan Presiden AS, Barrack Obama bahwa negaranya menyiapkan pasukan cadangan untuk membantu Indonesia bila terjadi bencana alam.
"Pemerintah harus mencermati dengan baik setiap pergerakan pasukan AS itu. Tak ada negara lain membantu tanpa ada maksud lain. Pemerintah harus mengantisipasi keberadaan pasukan AS tersebut," ungkap Muzani, Ahad.
Muzani memprediksi, penempatan pasukan cadangan AS di Darwin, Australia tak lain karena AS sangat berkepentingan dengan Papua dimana ada perusahaan PT Freeport.
"AS punya kepentingan langsung dengan Papua yang sampai saat ini tak kunjung selesai. Penempatan pasukan cadangan itu adalah  alasan yang mengada-ada, tidak masuk akal sama sekali bila untuk membantu Indonesia menghadapi bencana alam," ujar Muzani.


Continue Reading

Pilot Terkunci Dalam Toilet, Awak Pesawat Panik

NEW YORK - Seorang pilot terkunci di dalam toilet, mungkin terdengar seperti sebuah lelucon. Namun jika hal ini terjadi maka yang terjadi berikutnya adalah kepanikan penumpang.
Situasi konyol ini terjadi dalam penerbangan Chautauqua Airlines, sebuah maskapai penerbangan domestik di Amerika Serikat.
Dalam penerbangan Delta 6132 jurusan Asheville, Karolina Utara menuju New York pekan lalu itu terjadilah ‘tragedi’ unik ini.
Saat itu, pesawat terbang tinggal berjarak 30 menit dari Bandara LaGuardia, New York saat sang pilot menggunakan toilet pesawat terbang.
Entah apa yang terjadi, pintu toilet macet dan sang kapten terjebak di dalamnya. Karena tak bisa keluar maka sang kapten mengetuk pintu toilet untuk meminta tolong.
Salah seorang penumpang yang mendengar ketukan itu kemudian menghampiri toilet dan berusaha membantu.


Continue Reading

Perspektif 21 November 2011

Injil untuk Seisi Keluarga
Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 16:19-32
“Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?’ Jawab mereka: ‘Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu.’” (Kisah Para Rasul 16:30-31)

Sebenarnya, pertanyaan kepala penjara kepada Paulus dan Silas ini merupakan sebuah pertanyaan yang aneh. Aneh, mengingat kepala penjara tersebut tidak dalam kondisi bahaya. Lukas dengan detil mencatatkan, bahwa semua tawanan yang ada dalam penjara, termasuk Paulus dan Silas, masih berada di sana dan tidak melarikan diri. Mengingat kondisi ini, maka sungguh mengherankan, jika seorang kepala penjara bertanya, “Bagaimanakah caranya supaya aku dapat selamat?”

Pertanyaan tentang keselamatan ini, sebenarnya didorong dari keheranan atas tindakan “bodoh” Paulus dan para tahanan yang lain, yang tidak menggunakan kesempatan untuk lari. Seharusnya, kesempatan yang ada tersebut menjadi sebuah peluang emas untuk menghindari masalah serta aniaya yang masih mungkin terjadi. Sikap Paulus dan Silas ini membuat sang kepala penjara melihat adanya sebuah jalan keselamatan lain; jalan yang berbeda dari yang ia mengerti atau percayai.


Continue Reading

Kebiasaan yang Merusak Pernikahan

Tak banyak orang yang menyadari bahwa beberapa kebiasaannya membuat hubungan dengan orang yang ia cintai menjadi berantakan. Ingin tahu kebiasaan apa saja?

Menyalahkan orang lain memang lebih mudah ketimbang melakukan introspeksi terhadap diri sendiri. Tapi benarkah kegagalan hubungan berasal dari pasangan, atau jangan-jangan kebiasaan Anda penyebabnya. Berikut beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari karena dapat berakibat buruk pada pernikahan.

Berhenti mendengarkan
Kadang pernikahan yang telah berjalan lama membuat Anda dan pasangan sudah saling mengenal secara menyeluruh. namun yang sering terlupakan adalah, setiap manusia pasti mengalami perubahan. Mulai dari sikap, cita-cita, keinginan dan masih banyak lagi. Jangan buru-buru emosi saat merasa pasangan tak lagi seperti yang Anda kenali dulu. Coba diingat kembali, pernahkah Anda meluangkan waktu di sela kesibukan untuk sejenak mendengarkan kisahnya? Pernahkah Anda dengan sabar mendengarkan keluh kesahnya setiap ada masalah di kantor hanya untuk 10 menit saja? Jika jawabannya tidak, maka jangan heran jika secara tidak disadari, hubungan Anda dan pasangan semakin ada jarak. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki masa pacaran panjang atau lama.

Posted in: ,

Continue Reading

Perspektif 20 November 2011

Ada Apa Dengan Elia? (2)
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 19:1-18 (lanjutan)
“Jawabnya: Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu... dan mereka ingin mencabut nyawaku.” (1 Raja-raja 19:14)

Dalam renungan sebelumnya, kita melihat bahwa Elia mengalami kelelahan secara fisik, emosi, dan spiritual. Lalu, bagaimana Tuhan menolong Elia ketika dalam keadaan demikian?

Pertama, Tuhan memberikan Elia istirahat. Ketika kecapaian dalam pelariannya, Tuhan mengirimkan malaikat untuk memberi Elia makan dan mempersilahkan Elia untuk istirahat. Demikian pula,

ketika kita kelelahan seperti Elia, kita bersyukur Tuhan masih memberikan kesempatan kepada kita untuk beristirahat; dan waktu untuk mendekat dan memulihkan relasi kita dengan Dia. Maka, ketika kita mendapat kesempatan untuk mengikuti retreat atau acara rohani lainnya, mari kita pakai momen seperti itu untuk mendekatkan diri kita dengan Tuhan. Selain itu, kita juga perlu memelihara kehidupan bersaat teduh dengan setia.


Continue Reading

Perspektif 19 November 2011

Ada Apa Dengan Elia? (1)
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 19:1-18
“Jawabnya: Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu... dan mereka ingin mencabut nyawaku.” (1 Raja-raja 19:14)

Elia adalah salah seorang nabi besar dalam Perjanjian Lama. 1 Raja-raja 17-18 mencatat banyak hal luar biasa yang Elia lakukan dalam pelayanannya kepada Tuhan. Elia menubuatkan datangnya masa kekeringan sebagai hukuman atas Bangsa Israel. Elia dipelihara Tuhan di tepi sungai Kerit, melalui seorang janda di Sarfat. Dia juga memenangkan pertarungan ketika berhadapan dengan para nabi Baal.

Setelah semua peristiwayang luar biasa ini, tiba-tiba Elia dicatat tidak seperti seorang nabi besar yg baru saja melakukan perbuatan-perbuatan ajaib. Ketika diancam Izebel untuk dibunuh, dia lari. Mengapa Elia takut?


Continue Reading

Apakah Varises Bisa Dihilangkan?

Varises alias pembuluh darah yang terlihat menonjol meski secara medis tidak berbahaya, tetapi dianggap sebagai masalah bagi kebanyakan perempuan. Sebenarnya apa yang menyebabkan varises dan adakah cara efektif untuk menghilangkannya?
Varises merupakan kelainan/melebarnya pembuluh darah balik (vena), dan terjadi penurunan atau hilangnya elastisitas dinding vena, vena yang berkelok-kelok, serta kerusakan katub.
Varises tampak seperti benang tebal berwarna biru yang merayap naik sampai ke betis. Pertambahan usia merupakan salah satu faktor penyebab varises, namun menurut dr.Roshini Rajapaksa, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi ini.
"Kehamilan dan perubahan hormonal, termasuk penggunaan pil kontrasepsi bisa meningkatkan risiko terjadinya varises. Faktor keturunan juga berpengaruh," kata ahli penyakit dalam dari New York University Medical Center ini.

Posted in: ,

Continue Reading

Enam Bahan Makanan yang Menghilangkan Ketombe

Ketombe pada kulit kepala biasanya menimpa orang-orang yang tinggal di daerah beriklim tropis, bersuhu tinggi, dan berudara lembab.  Meski bukan termasuk penyakit berat, ketombe dapat dengan cepat menghilangkan rasa percaya diri Anda.
Ada banyak sampo penghilang ketombe yang beredar di pasaran, tapi ternyata ketombe pun bisa dihilangkan dengan cara-cara alami lewat makanan.

1. Jeruk nipis
Gosokkan jeruk nipis yang sudah dipotong ke kulit kepala, biarkan beberapa saat, kemudian bilas. Jeruk nipis mengandung asam salisilat yang berkhasiat membersihkan lemak pada kulit kepala.


Continue Reading

Dangote, Orang Terkaya di Afrika

Abuja: Pengusaha konstruksi Nigeria menempati tempat teratas dalam daftar orang paling kaya di Afrika, menurut majalah Forbes. Aliko Dangote, yang memiliki saham di pabrik semen Dangote dan di empat pabrik gula dan tepung memiliki kekayaan US$ 10,1 miliar.
Daftar tahunan majalah Forbes mencatat 40 orang terkaya di Afrika dan yang menempati posisi kedua adalah Nicky Oppenheimer dari Afrika Selatan dengan kekayaan US$ 3,65 miliar. Total kekayaan seluruh orang yang masuk dalam daftar itu berjumlah US$ 64,9 miliar.
Sebagai perbandingan, 40 orang terkaya di Taiwan memiliki jumlah aset senilai $ 92,7 miliar. Usia rata-rata orang yang masuk daftar orang terkaya Afrika adalah 61 tahun dan tidak ada seorang pun wanita. Dangote dan Oppenheimer dari perusahaan tambang permata De Beers adalah dua dari 16 miliuner dalam daftar itu.


Continue Reading

Kenapa Korea Terobsesi Operasi Plastik

Ketika pertama kali berkunjung Korea di 2003, saya hanya heran mengapa banyak wanita yang menggunakan hak tinggi kemana pun mereka pergi. Ini termasuk saat datang ke konser rock di ruangan terbuka di mana hujan badai menyertai sepanjang konser. Dalam hati saya berpikir mungkin inilah yang namanya perbedaan budaya.

Namun terus terang beberapa tetap terlihat janggal buat saya. Saya heran melihat para pria membawa tas besar yang dikempit di tangan dan menggunakan dasi atau celana berwarna pink atau warna pastel lainnya. Atau ketika melihat para pria cuek bersolek di kaca telepon genggamnya atau melihat jejeran klinik kecantikan di Apkujong dan mendapati beberapa wanita keluar dari klinik menggunakan masker dan kaca mata hitam. Bahkan Korea Tourism Board di dalam buku tentang Korea menawarkan paket tur medis, yang berarti peserta akan berkeliling dari satu klinik ke klinik lain melihat kecanggihan teknologi perbaikan estetika tubuh ini.


Continue Reading

Mencegah Bau Mulut

Bau mulut adalah masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dikeluhkan oleh pasien, selain sakit gigi. Bau mulut ini merupakan hal yang paling sering disebabkan oleh masalah kebersihan mulut. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut:
1. Menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Melakukan flossing minimal sekali sehari. Penggunaan obat kumur biasanya hanya membantu menyegarkan napas untuk sementara. Tanpa sikat gigi dan flossing hingga bersih, obat kumur tidak akan efektif menghilangkan bau mulut.

Posted in: ,

Continue Reading

Perspektif 18 November 2011

Pelaku Firman
Bacaan hari ini: Yakobus 1:19-24
“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja...” (Yakobus 1:22)

Apakah yang membuat orang sukses dalam usaha? Karena ia mau mempraktekkan ilmu yang dipelajari, dicoba berulang kali, sehingga berhasil. Sama halnya dengan seseorang mau hidup sehat; ia harus rajin olah raga dan makan secukupnya. Jika hanya makan tidur tanpa olah raga, maka rawan penyakit. Demikian juga kehidupan rohani kita, jangan hanya bisa menyerap firman Tuhan, tapi juga harus menjadi pelaku firman.

Pertama, menjadi pendengar yang baik. Kiat menjadi pelaku firman perlu diawali dengan sikap cepat mendengar, dari pada cepat berkata-kata. Sering kali, seseorang mengucapkan kata-kata yang salah dan tidak tepat sehingga mengundang kemarahan dan sakit hati lawan bicaranya. Banyak mendengar menambah perbendaharaan kata dan membuat seseorang lebih berakal budi. Ia tahu membaca situasi, kapan harus berbicara, kapan harus bertindak. “Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan tepat pada waktunya” (Ams. 15:23).


Continue Reading

Perspektif 17 November 2011

Integritas Firman Tuhan
Bacaan hari ini: Mazmur 19:8-13
“Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa...” (Mazmur 19:8)

Baru-baru ini kasus korupsi Nazaruddin semakin panas dibicarakan. Pihak polisi dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) penasaran dengan “Nyanyian Nazaruddin” alias koruptor-koruptor yang terlibat di dalamnya. Apa benar ada pihak lain yang terkait, atau Nazaruddin hanya ingin mengaburkan masalah? Perkataan manusia memang sulit dipegang dan dipercaya, mungkin lebih banyak bohongnya dari pada benarnya. Tidak demikian dengan perkataan Allah, “ya dan amin”. Pemazmur menegaskan dan menjamin 100%, bahwa apa yang dikatakan Tuhan, adalah benar.

Setiap perkataan yang diucapkan Tuhan dapat dipercaya semuanya. Itulah ungkapan pemazmur tentang Taurat Tuhan, yang adalah sempurna dan menyegarkan jiwa (Mzm. 19:8). Kata “sempurna” ini artinya, tidak ada kekurangan; tidak ada cacat celanya. Kita tidak perlu meragukan perkataan Tuhan dan tidak perlu dibingungkan, seperti “Nyanyian Nazaruddin” yang membingungkan. Sebaliknya, perkataan Tuhan akan menyegarkan jiwa dan memberi rasa aman karena kesempurnaan perkataan-Nya (Mzm.145:13).


Continue Reading

Mengenal Pertumbuhan Gigi Si Kecil

Tahukah Anda, benih gigi-geligi, baik gigi susu maupun gigi tetap, telah terbentuk sejak bayi berada di dalam kandungan ibu?

Pertumbuhan gigi dimulai sejak usia 6-8 bulan dan diawali dengan pembentukan bagian email yang berwarna putih, lalu diikuti oleh dentin yang berwarna agak kekuningan. Selanjutnya adalah bagian pulpa yang berisi jaringan saraf dan pembuluh darah. Kemudian gigi erupsi dengan sempurna, diikuti dengan penyempurnaan bentuk akar gigi.

Pertumbuhan gigi terjadi pada usia yang berbeda-beda antara bayi. Ada bayi yang berumur 8 bulan tapi belum mempunyai gigi satupun, ada juga bayi yang berumur 6 bulan dan giginya sudah tumbuh.

Posted in: ,

Continue Reading

Yoga Untuk Pemula

Apakah anda termasuk salah satu orang yang takut untuk memulai latihan yoga? Dengan alasan “Aduh!!! Badan saya kaku, tidak pernah bisa cium lutut” atau “Lho? Yoga kan olahraga untuk orang yang lentur” atau “Badan saya terlalu gendut ah! Malu..!!” Sebenarnya ungkapan itu semua adalah persepsi yang salah. Justru dengan latihan yoga, sendi-sendi yang tadinya kaku menjadi lentur, otot-otot yang bulky menjadi lean dan lemak-lemak bisa dibakar jika anda rajin berolahraga.

Kelenturan atau fleksibilitas sama artinya dengan kenyamanan. Dengan gaya hidup perkotaan yang melibatkan duduk di depan komputer dan berada di dalam kendaraan dari pagi sampai malam setiap hari, pada akhirnya akan mengurangi kelenturan tubuh. Sehingga tanpa disadari semakin kita bertambah umur, tubuh kita akan kehilangan kelenturan, otot menjadi kaku, gerakan tubuh menjadi terbatas dan kita lebih rentan terkena sakit pinggang dan punggung bahkan keseleo sekalipun.


Continue Reading

Terkait gaya hidup mewah anggota DPR, Bambang Soesatyo berpendapat itu wajar. Bagaimana pendapatmu?

Anggota Komisi III DPR Bambang Soesatyo tengah menjadi sorotan publik karena kerap memakai mobil mewah Bentley dan Hummer. Baginya, tak ada gunanya berpura-pura miskin kalau hanya untuk mengejar simpati.

"Terkait berita soal mobil mewah merk Bentley milik anggota DPR, sebetulnya yang begini ini tidak enak untuk dikomentari. Karena sebaik-baiknya hidup, ya apa adanya saja. Tidak perlu berlagak kaya atau tiba-tiba berlagak miskin untuk mendapat simpati. Yang penting jangan pamer," kata Bambang kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/11).


Posted in: ,

Continue Reading

Awas...Makan Ramai-ramai Percepat Penularan Hepatitis A

JAKARTA - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan kemungkinan Hepatitis A menjadi wabah sangat besar mengingat virus penyebab penyakit tersebut dapat dengan mudah ditularkan lewat makanan yang disantap bersama-sama.
"Jadi kalau ada satu terkena dan orang itu masuk ke kantor atau sekolah dan makan beramai-ramai, seperti sambal yang dicocol ramai-ramai, itu akan cepat menyebar (virusnya). Makanya kalau jajan lihat-lihat dulu. Bagi yang tidak bisa bawa makanan dari rumah, kalau jajan carilah tempat bersih dan jangan lupa cuci tangan sebelum makan," kata Menkes usai menghadiri apel Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2011 di Gedung Kementerian Kesehatan Jakarta, Senin.
Menkes mengungkapkan bahwa wabah Hepatitis A memang sering terjadi, bukan hanya di Depok, Jawa Barat pada pekan lalu yang masih dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB). "Tiap tahun ada kejadian (Hepatitis A) ini ditempat berbeda-beda, karena itu, penyebarannya mudah lewat makanan," ujarnya.

Posted in: ,

Continue Reading

Iklan Rumah Berhantu

"Dijual, rumah dengan luas bangunan 90 meter persegi (dua lantai),  luas tanah 72 meter persegi, tiga kamar tidur, dua kamar mandi, serta satu hantu gentayangan.
Iklan seperti itu bisa muncul--tapi tidak di Indonesia--karena hukum di beberapa negara bagian di Amerika Serikat mewajibkan penjual rumah menyertakan keterangan kalau rumah memiliki "cacat emosi". Keterangan itu dimasukkan dalam formulir yang juga berisi daftar cacat fisik rumah.
Cacat emosi termasuk keterangan jika rumah pernah menjadi tempat pembunuhan, bunuh diri, dan aktivitas paranormal, termasuk penampakan-penampakan hantu.


Continue Reading

Perspektif 16 November 2011

Keluhan Orang Percaya
Bacaan hari ini: Roma 8:23-30
“Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.” (Roma 8:23)

Keluhan jenis kedua yang Paulus catat dalam ayat 23 adalah keluhan yang keluar dari orang yang sudah diselamatkan dan memiliki Roh Kudus dalam hidupnya. Keluhan ini bisa terjadi karena telah terjadi peperangan rohani yang sangat hebat dalam diri anak-anak Tuhan. Konflik ini dapat digambarkan demikian: “kita mau hidup mencintai dan mentaati Tuhan; tetapi kenyataannya, terasa sulit bagi kita untuk menjalankannya. Kita ingin untuk menjalankan apa yang diperintahkan Tuhan, tetapi terasa tidak mampu.” Mengapa demikian?


Continue Reading

Hindari Cekikan Musim Berbunga

Bank Sentral akan melarang penerbit kartu kredit mengenakan bunga berbunga, alias bunga majemuk. Aturan akan ditetapkan belajar dari korban yang tagihannya terus membengkak akibat penambahan bunga tiada henti. Karenanya, Bank Indonesia akan merevisi peraturan terkait. Bagaimana prinsip bunga yang berlaku sekarang?

Pada praktek yang berlaku saat ini, nilai pokok utang terus-menerus ditambahkan dengan bunga dari sisa tunggakan. Hitungannya adalah harian, yang menggunakan patokan 360 hari dalam setahun. Kemudian, hasil penambahan itu menjadi beban tagihan berikutnya.Untuk selanjutnya, mulai 1 Januari 2013, Bank Indonesia berjanji menerapkan kebijakan baru: yang berhak dikenakan bunga adalah nilai pokok yang belum dibayar.


Continue Reading

Perspektif 15 November 2011

Keluhan Setiap Makhluk
Bacaan hari ini: Roma 8:18-22
“Sebab kita tahu, bahwa sampai sekarang segala makhluk sama-sama mengeluh dan sama-sama merasa sakit bersalin.” (Roma 8:22)

Sejak manusia jatuh dalam dosa, maka sejak saat itu hadir berbagai penderitaan yang membuat hidup manusia menjadi begitu berat dan penuh keluhan. Ini tidak lepas dari kutukan Tuhan kepada Adam dan Hawa: “Terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu: semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu” (Kej. 3:17-18).

Keluhan setiap makhluk berarti, (tanpa terkecuali, baik orang percaya atau tidak percaya) semua umat manusia takluk di bawah rasa sakit (pain), penderitaan,


Continue Reading

Yang Wajib di Hokkaido

Hokkaido adalah tujuan populer di kalangan turis dunia, tempat ideal untuk merasakan pengalaman Jepang yang tradisional. Dari mulai damainya gaya hidup sampai indahnya pemandangan, Hokkaido penuh dengan pesona yang tak pernah gagal memikat. Surga ini tersembunyi di bagian paling utara Jepang, hanya satu setengah jam penerbangan dari Tokyo.


Ramen

Miso ramen yang asli hanya bisa Anda temukan di Sapporo, Hokkaido. Sebagai tempat asal ramen, kios-kios dan restoran ramen tersebar di seluruh kota. Dua tempat yang terkenal di kalangan turis adalah Ramen Republic dan Ramen Yokocho. Ramen Yokocho, sebuah gang sempit yang dipadati warung-warung menyajikan ramen Sapporo yang terkenal, dapat ditempuh dengan 3 menit berjalan kaki dari stasiun kereta bawah tanah Susukino.

Posted in: ,

Continue Reading

Kapolda Jateng Haramkan Televisi di Seluruh Pos Jaga di Wilayahnya

SEMARANG - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo mengharamkan pesawat televisi di berbagai pos jaga agar petugas fokus melayani masyarakat.
"Pos jaga kepolisian di seluruh dunia tidak ada televisi, yang ada itu monitor kamera CCTV untuk memantau keadaan di wilayah-wilayah tertentu yang dianggap rawan tindak kejahatan," katanya.
Ia juga menegur puluhan perwira menengah yang baru dilantik karena tidak bisa melakukan baris-berbaris dengan benar.
"Tugas dan wewenang Polri yang diamanahkan Undang-undang harus dapat dilaksanakan secara profesional, proporsional, dan objektif sesuai dengan kode etik profesi serta moralitas yang tinggi," ujarnya.

Posted in: ,

Continue Reading

Ciri-Ciri Pengembang Nakal

Penting untuk mengetahui ciri-ciri pengembang properti yang nakal. Itu karena transaksi Anda dengan mereka tidak bernilai kecil (bahkan bisa jadi transaksi terbesar sepanjang hidup Anda).
Ketika Anda terjebak dengan pengembang yang nakal, bukan waktu saja yang mungkin terbuang, tapi juga uang.
Anda bisa mengenali pengembang nakal dengan melakukan investigasi sendiri dan investigasi di Internet, dengan membaca berbagai forum, mailing list, situs web berita, atau komentar-komentar di Facebook. Berikut ini adalah ciri-ciri pengembang nakal.


Continue Reading

99 Film Asing Akan Syuting di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Marie Elka Pangestu, mengatakan, tahun 2011 sudah ada 99 tim atau produser film asing akan melakukan syuting di Indonesia.
"Tahun ini sudah ada 99 tim dan produser film asing yang melakukan syuting di Indonesia dan di antaranya terdapat tiga film layar lebar," kata Marie Elka Pangestu di Jakarta, Kamis (10/11/2011).
Pihaknya memperkirakan permintaan syuting dari produser layar lebar diperkirakan akan terus meningkat. Diharapkan tahun depan ada sekitar 10-15 produser layar lebar dari produser box office yang akan melakukan pengambilan gambar di Indonesia.
"Tiga film layar lebar yang sedang berlangsung syutingnya di Indonesia yakni The Philoshoper, Java Heat dan I, Alex Cross. Ini saya perkirakan akan memberikan dampak yang luar biasa," katanya.
Marie mencontohkan sejak Ubud, Bali, menjadi lokasi syuting film Eat, Pray and Love wilayah itu banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.
"Saya bahkan pergi ke Ketut Lier (salah satu tokoh dalam film tersebut) dan kaget begitu panjang antriannya," katanya.
Menurutnya, film sangat efektif menjadi media yang menjelaskan tradisi dan cara hidup di suatu negara. Ia menyambut baik semakin berkembangnya industri perfilman di Tanah Air sebagai bagian dari industri kreatif. Pihaknya mencatat lima tahun lalu pangsa film dalam negeri hanya 40%


Continue Reading

Perspektif 14 November 2011

Pilihan yang Bijak
Bacaan hari ini: Amsal 1:8-10
“Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut.” (Amsal 1:10)

Di tengah banyaknya “peluang” atau “kesempatan” yang kita peroleh hari ini, pernahkah kita memperhitungkannya; apakah itu sebuah “kesempatan”, atau hanyalah “jebakan Iblis.” Mengapa kita perlu memperhitungkannya? Karena, “jebakan” ini bisa saja nampak seperti “kesempatan,” ketika kita “terdesak” oleh kebutuhan yang mendesak.

Seorang dokter Kristen mengisahkan bahwa ia pernah menghadapi kondisi semacam ini; ia melihat “jebakan” sebagai sebuah “kesempatan.” Namun, ia bersyukur kepada Tuhan, pada akhirnya ia dapat melihat, bahwa “jebakan” tersebut, bukanlah kesempatan, tapi “jebakan yang mematikan!”


Continue Reading

Perspektif 13 November 2011

Bijaksana Dalam Hidup
Bacaan hari ini: Amsal 1:1-7
“Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.” (Amsal 1:7)

Ibarat “sebuah kapal,” kita adalah “nahkodanya.” Ke manakah kita akan membawa kapal kehidupan kita ini? Di tengah kehidupan hari ini, ada banyak “rute kehidupan” yang harus kita lewati, tapi kita butuh Penuntun, yang dapat mengatur arah kehidupan kita, agar kita tidak tersesat. Melalui nasihatnya, Penulis Amsal memberikan kepada kita nasihat agar kita dapat menjalankan kapal kehidupan kita dengan benar.

Pertama, Tuhan adalah Pengatur dan Penuntun hidup kita. Kalimat “takut akan Tuhan” menegaskan kepada kita, bahwa kepada Dia sajalah, kita mau taat. Ketika Alkitab memakai istilah ini, istilah ini selalu berkaitan dengan “seseorang yang hidupnya mengerjakan perintah Tuhan, tidak kurang maupun lebih, tetapi tepat seperti yang Tuhan kehendaki.”


Continue Reading

Ingin Cerahkan Siku yang Hitam? Ikuti Cara Ini

TRIBUNNEWS.COM - Malu nggak sih kalau punya kulit lembut, tapi tiba-tiba terasa kasar dan hitam di bagian sikunya? Ayo dong, jangan lupakan bagian tubuh yang satu ini, biar kulit kita tampil cantik menyeluruh!
Karena sedikitnya kelenjar minyak pada siku, bikin kulit pada area itu cenderung kering. Makanya, kita perlu melakukan perawatan khususnya setiap habis mandi. Enggak ribet kok, hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, kita bisa mengubah siku hitam dan kasar menjadi halus dengan warna merata.

Posted in: ,

Continue Reading