You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Renungan Harian
23 Mei 2011

Tanggal: Senin, 23 Mei 2011
Bacaan : Yeremia 24
Nats: Orang-orang yang telah Kubiarkan diangkut ke Babel itu Kuanggap seperti buah ara yang bagus-bagus ini; karena itu Aku, Tuhan, Allah Israel, akan memperlakukan mereka dengan baik (Yeremia 24:5, BIS)

Judul:

DIANGGAP BAIK

  Penelitian selama 25 tahun di Universitas Tel Aviv mendapati bahwa kinerja seseorang sangat dipengaruhi oleh pengharapan orang lain atas kinerjanya. Dalam satu percobaan, manajer sebuah kantor cabang bank dibagi dua. Kelompok A diberi tahu bahwa karyawan mereka luar biasa; kelompok B tidak diberi tahu apa-apa tentang potensi karyawan mereka. Sebenarnya potensi kedua kelompok karyawan itu sama.Nyatanya, manajer kelompok A membuahkan hasil yang lebih bagus, baik dari laba maupun kesuksesan ekonomis secara menyeluruh. Hal serupa ditemukan juga di sekolah, kalangan militer, dan berbagai badan sosial lain.

  Pengharapan yang baik mengandung daya ubah yang luar biasa. Prinsip itu bersumber dari Allah sendiri, seperti yang dapat kita pelajari ketika Dia "mengubah" bangsa Israel yang dibuang ke Babel. Pertama, Dia "menganggap" mereka seperti buah ara yang bagus (ayat 5).
Mereka tidak baik, tetapi Dia menganggap mereka baik dan memperlakukan mereka dengan baik (bandingkan dengan Roma 4:5). Sesudah itu, Dia "memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku" (ayat 7). Dia mengubahkan hati mereka sehingga mereka menjadi umat Allah yang sungguh-sungguh. Bukankah itu anugerah pembenaran dan kelahiran kembali?

  Lalu, bagaimana menerapkannya secara horisontal? Kita ingin anak, murid, karyawan, dan tetangga kita semua baik, tetapi bisa jadi mereka menjengkelkan. Maukah kita lebih dulu mengasihi mereka, mengharapkan yang terbaik dari mereka (1 Korintus 13:5), menganggap mereka baik, dan memperlakukan mereka dengan baik? --ARS


HAL-HAL YANG TIDAK INDAH PERLU DIKASIHI SUNGGUH-SUNGGUH SEBELUM BERUBAH INDAH DAN MENAWAN HATI-G.K. CHESTERTON


Ayat Alkitab

  Yeremia 24

  1  Lihatlah, TUHAN memperlihatkan kepadaku dua keranjang buah ara
      berdiri di hadapan bait TUHAN. Hal itu terjadi sesudah
      Nebukadnezar, raja Babel, mengangkut ke dalam pembuangan
      Yekhonya bin Yoyakim, raja Yehuda, beserta para pemuka Yehuda,
      tukang dan pandai besi dari Yerusalem dan membawa mereka ke
      Babel.
  2  Keranjang yang satu berisi buah ara yang sangat baik seperti
      buah ara bungaran, tetapi keranjang yang lain berisi buah ara
      yang jelek, yang tak dapat dimakan karena jeleknya.
  3  Lalu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Apakah yang kaulihat, hai
      Yeremia?" Maka jawabku: "Buah ara! Buah ara yang baik itu sangat
      baik, dan buah ara yang jelek, yang tak dapat dimakan karena
      jeleknya."
  4  Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, bunyinya:
  5  "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sama seperti buah ara
      yang baik ini, demikianlah Aku akan memperhatikan untuk
      kebaikannya orang-orang Yehuda yang Kubawa dari tempat ini ke
      dalam pembuangan, ke negeri orang-orang Kasdim.
  6  Maka Aku akan mengarahkan mata-Ku kepada mereka untuk kebaikan
      mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke negeri ini. Aku
      akan membangun mereka, bukan meruntuhkannya; Aku akan menanam,
      bukan mencabutnya.
  7  Aku akan memberi mereka suatu hati untuk mengenal Aku, yaitu
      bahwa Akulah TUHAN. Mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku ini akan
      menjadi Allah mereka, sebab mereka akan bertobat kepada-Ku
      dengan segenap hatinya.
  8  Tetapi seperti buah ara yang jelek itu, yang tak dapat dimakan
      karena jeleknya--sungguh, beginilah firman TUHAN--demikianlah
      Aku akan memperlakukan Zedekia, raja Yehuda, beserta para
      pemukanya, dan sisa-sisa penduduk Yerusalem yang masih tinggal
      di negeri ini dan orang-orang yang menetap di negeri Mesir.
  9  Aku akan membuat mereka menjadi kengerian bagi segala kerajaan
      di bumi, menjadi aib dan perumpamaan, menjadi sindiran dan kutuk
      di segala tempat ke mana Aku menceraiberaikan mereka.
  10  Dan Aku akan mengirimkan perang, kelaparan dan penyakit sampar
      ke antara mereka, sampai mereka habis dilenyapkan dari atas
      tanah yang telah Kuberikan kepada mereka dan kepada nenek moyang
      mereka."





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply