You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Manisnya Sale Bulat Khas Ciamis

TRIBUNNEWS.COM - Sale bulat atau sering juga disebut sale kelereng memang paling digemari. Dan harganya pun lebih mahal dari sale jenis lainnya. Boleh jadi, sale bulat hanya bisa ditemukan di Saung Legit Ciamis.
"Bahan bakunya tetap pisang, pisang ambon. Cuma bentuk dan penampilannya berbeda," kata Nani, putri pemilik Saung Legit.
Ide membuat sale bulat atau sale kelereng ini, kata Nani, muncul setahun yang lalu. "Awalnya sih coba-coba, tetapi ternyata banyak juga penggemarnya. Mungkin karena bentuknya aneh dari sale yang umum. Atau mungkin dari rasa dan aromanya yang khas. Dan Alhamdulillah, sekarang sale bulat khas Legit ini paling digemari," katanya.

Membuat sale bulat, kata Nani, tidaklah terlalu susah. Pisang ambon yang sudah matang sebagai bahan baku terlebih dulu digiling seperti menjadi adonan, kemudian dibikin bulat-bulat mirip kelereng dan ukurannya juga sebesar kelereng.
"Kelereng" mentah tersebut, sebelum digoreng di atas jerangan minyak goreng, terlebih dahulu dicelupkan dalam campuran tepung beras, terigu campur air, dan telur yang sudah dikocok.
Kehadiran sale bulat atawa sale kelereng ini menambah banyak ragam dan bentuk sale pisang khas Ciamis. Mulai dari sale tipis (sale lidah), sale ambon (sale opak), sale gulung, hingga sale panjang (sale pisang utuh).





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply