You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Masakan Empal Kebanggaan Cirebon

Daging empal biasanya disajikan dengan digoreng kering. Tapi di Cirebon, empal disajikan dengan cara berbeda. Rasanya? Lezat sekali.
Salah satu sajian kuliner khas Cirebon yang terkenal adalah empal gentong. Ini adalah masakan daging sapi yang dimasak dengan kuah santan dan sekilas tampak seperti soto betawi. Biasanya, empal gentong disajikan dengan kerupuk kulit besar yang dikenal dengan sebutan kerupuk rambak.
Di Cirebon, tempat makan empal gentong yang terkenal adalah “Empal Gentong Bu Darma”. Terletak tak jauh dari stasiun kereta api, rumah makan sederhana ini selalu padat oleh pengunjung.

Seporsi empal gentong Bu Darma lengkap dengan kerupuk rambak dan minuman bisa Anda santap dengan harga Rp 20 ribu. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Cirebon, secepatnya mampir ke rumah makan ini. Biasanya rumah makan ini sudah tutup pada pukul 13.00 WIB karena seluruh empal gentong yang tersedia sudah habis.
Selain empal gentong, menu lain yang patut dicoba adalah empal asam. Berbeda dengan empal gentong, kuah empal asam disajikan tanpa santan dan bercitarasa asam pedas. Menu masakan ini sangat segar saat disantap, sehingga tak heran jika Anda merasa ketagihan.
Rumah makan empal asam yang paling terkenal di Cirebon adalah Empal Asam Amarta. Letaknya tak jauh dari Desa “Batik” Trusmi. Jika Anda berkunjung ke Trusmi, silakan menggunakan becak untuk pergi ke rumah makan Amarta dengan biaya Rp 10 ribu. Sedangkan untuk menyantap menu empal gentong lengkap dengan nasi dan minuman, Anda perlu mengeluarkan Rp 20 ribu saja.
Mari berwisata ke Cirebon!





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Posted in: ,

Leave a Reply