You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Renungan Harian
16 Juni 2011

Tanggal: Kamis, 16 Juni 2011
Bacaan : 1 Timotius 4:6-10
Nats: Latihan jasmani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang (1 Timotius 4:8)

Judul:
LATIHAN GANDA

  Untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran, orang biasanya memadukan dua latihan. Latihan pasif: menahan diri dengan mengikuti pola makan tertentu. Latihan aktif: berolahraga untuk membakar kalori dan lemak yang berlebihan.

  Begitu juga dengan ibadah atau disiplin rohani. Ada yang aktif, yaitu disiplin keterlibatan, sesuatu yang kita lakukan; dan ada yang pasif, yaitu disiplin berpantang, sesuatu yang kita hindari. Ini berkaitan dengan jenis dosa yang kita hadapi. Ada dosa pelanggaran, yaitu secara aktif melanggar perintah Tuhan (1 Yohanes 3:4). Ada dosa pengabaian, yaitu secara pasif melalaikan perbuatan baik yang semestinya kita lakukan (Yakobus 4:17).

  Bagaimana disiplin rohani itu dapat bermanfaat bagi kita? Secara  umum, menurut John Ortberg, ketika kita bergumul dengan suatu dosa pengabaian, kita akan tertolong melalui disiplin keterlibatan. Sebaliknya, ketika kita bergumul dengan suatu dosa perbuatan, kita akan tertolong melalui disiplin berpantang. Sebagai contoh, jika kita cenderung murung, kita akan tertolong dengan berlatih merayakan kehidupan ini. Apabila kita bergumul melawan keserakahan, kita akan tertolong dengan berlatih memberi. Sebaliknya, jika kita rentan bergosip, kita akan tertolong dengan berlatih menutup mulut. Apabila kita suka melebih-lebihkan sesuatu, kita akan tertolong dengan berlatih berbicara secara jujur.

  Disiplin rohani tidak lain ialah sarana untuk mencapai tujuan. Tujuannya: kehidupan rohani yang sehat sehingga kita menjadi bugar; baik dalam hidup yang sekarang maupun dalam hidup yang akan datang
  --ARS
 

 JANGAN MENCOBA MELAWAN KEGELAPAN TANPA MENYALAKAN TERANG


Ayat Alkitab:    1 Timotius 4:6-10

  6  Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara
      kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang
      baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran
      sehat yang telah kauikuti selama ini.
  7  Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah
      dirimu beribadah.
  8  Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam
      segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun
      untuk hidup yang akan datang.
  9  Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya.
  10  Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita
      menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat
      semua manusia, terutama mereka yang percaya.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply