You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Misteri Nama 'Hussein'-nya Barack Obama

NAIROBI - Belum lama ini, sebagian masyarakat Amerika Serikat sempat mempertanyakan status agama dari sang presiden, Barrack Obama. Alasannya, Obama diketahui memiliki nama tengah yang tak lazim yakni "Hussein". Nama tengah itulah yang selanjutnya menjadi pertanyaan sebagian warga AS.

Usut punya usut, asal muasal nama Hussein berawal dari wajib militer yang dijalani kakek Obama, Onyango Obama. Saat berada di Zanzibar, Tanzania, kakek Obama memutuskan untuk memeluk Islam. Ia pun memilih nama Hussein sebagai identitas keislamannya.



Hawa Igambi, adik kakek Obama yang menetap di sebuah desa bernama Kokal, mengatakan kakaknya itu sebagai seorang yang cerdas, murah hati dan berjiwa sosial tinggi. Onyango juga seorang jujur dan berani.

"Saya tidak ragu kalau ada anak-anaknya yang cerdas, itulah warisannya. Barrack adalah siswa paling cerdas di antaran teman-teman sekolahnya," kata dia seperti dikutip Allafrica.com, Jum'at (28/10).

Berbeda dengan rumah ibu tiri Obama, Sara, yang dikawal ketat. Rumah Hawa tidak mendapat penjagaan sekalipun. Sehari-hari rumah itu kosong tak terjaga. Ini lantaran Hawa harus bekerja, sedangkan dua anaknya juga pergi bekerja.
Kematian MisteriusDi kediamannya, Hawa sempat menyinggung kematian kakaknya yang tidak wajar. Hawa menuduh pemerintah Kenya seolah menutupi penyebab kematian kakek Obama itu.

"Kakak saya ditemukan tewas dalam kendaraanya tahun 1982. Sebagian orang mengira ia masih hidup. Yang aneh, tidak ada indikasi kecelakaan. Itu terlihat dari tubuhnya yang tanpa cedera," kata dia.

Ayah dari Obama lahir di Desa Kobama, di Kendu Bay. Selanjutnya, ayah obama kembali ke Alego Usonga.   Sebuah foto yang beredar di internet, memperlihatkan satu foto ayah Obama saat berada di Kendu Bay.

Seorang sesepuh Kendu, Mzee Elly Yonga, mengatakan Hussein Onyango Obama adalah seorang tokoh kontroversial di Teluk Kendu. Ia berseberangan dengan pemerintah.

Dalam buku ''Dreams From My Father'', Presiden Obama melukiskan sosok kakeknya dengan menuliskan:''Dia akan makan semua makanan di meja. Ia habiskan makanan itu dengan pisau dan garpu."





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply