You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Nokia Lumia 800 dan Lumia 710: Awal Baru Sejarah Smartphone Nokia

Oleh Kristian Tjahjono

Delapan bulan lalu, Nokia mengumumkan strategi barunya yang beralih dari platform Symbian dan mengadopsi platform Windows Phone dari Microsoft. Dan kini Nokia mengumumkan dua smartphone terbarunya yang berbasis sistem operasi Windows Phone.

Nokia Lumia 800
Dari segi desain, Nokia Lumia 800 tidak berbeda jauh jika dibandingkan Nokia N9. Tapi untuk spesifikasinya, ada beberapa perbedaan. Nokia Lumia 800 telah dilengkapi layar AMOLED ClearBlack 3,7 inci (480x800 pixel) yang melengkung serta prosesor Qualcomm single-core 1,4GHz dengan prosesor grafis.


Untuk multimedia, tersedia kamera digital 8 megapixel dengan lensa Carl Zeiss dan dukungan merekam video HD 720p. Memori internal 16GB juga tersedia, yang ditunjang dengan tambahan 25GB berupa akun SkyDrive untuk menyimpan gambar dan musik.

Untuk mengakses file yang ada di SkyDrive, Anda harus terkoneksi ke Internet. Konektivitas ke Internet juga cukup baik, karena telah mendukung HSDPA 14,4 Mbps dan HSUPA 5,76 Mbps serta Wi-Fi dan Bluetooth. Nokia Lumia 800 rencananya akan dijual sekitar 420 EURO atau sekitar 5 jutaan.  

Nokia Lumia 710  Bagi yang suka bergonta-ganti cover casing, Nokia Lumia 710 menjadi pilihan yang tepat. Untuk kinerja, sepertinya Lumia 710 tidak berbeda jauh dibandingkan Lumia 800 mengingat keduanya menggunakan prosesor yang sama dan sama-sama memiliki RAM 512MB.

Yang sedikit membedakan, selain desainnya, adalah kemampuan kamera yang hanya 5 megapixel, tanpa lensa Carl Zeiss, dan kapasitas penyimpanan yang hanya 8GB. Harganya cukup terjangkau, sekitar 270 EURO atau di kisaran Rp 3,5 juta.  Kedua smartphone berbasis Windows Phone 7.5 Mango ini telah dilengkapi Nokia Drive, yaitu solusi navigasi dengan panduan suara pertama untuk sebuah perangkat Windows Phone.

Yang menarik, fasilitas ini diberikan gratis. Bagi konsumen Indonesia, sayangnya harus menunggu sampai awal tahun 2012 jika ingin membelinya. Yang menarik, kedua smartphone Lumia ini menggunakan Micro SIM card yang seperti ditemukan di Apple iPhone 4. Tampaknya Micro SIM card juga akan menjadi tren baru di tahun 2012. Jadi, siapkah Anda beralih ke Windows Phone?

Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com. Antusias terhadap berbagai jenis gadget, mulai dari komputer, ponsel, sampai kamera digital.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply