You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 28 October 2011

Tegoran dan Hajaran Tuhan (1)
Bacaan hari ini: Wahyu 3:14-22
“Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah.” (Wahyu 3:19)

Gereja Laodikia adalah gereja yang telah kehilangan fungsinya, karena dalam kekayaannya mereka telah melupakan Tuhan. Perihal menjadi kaya sendiri bukanlah suatu kesalahan, tetapi melupakan dan mengabaikan Tuhan merupakan kesalahan yang fatal, karena ketika Tuhan sudah tidak menjadi pusat lagi, maka semua yang dilakukan sudah tidak ada lagi maknanya.



Tuhan tidak mengabaikan kesalahan, apalagi yang dilakukan gereja-Nya. Kadang untuk sesaat Tuhan mendiamkan, tetapi ketika kesalahan itu dilakukan sampai pada titik tertentu, Allah akan bertindak. Ia akan menegor dan menghajar Gereja dan orang-orang yang dikasihi-Nya.

Tuhan menegor dengan cara halus, melalui peringatan-peringatan tertentu, baik melalui firman-Nya, maupun melalui kejadian-kejadian yang bersifat negatif, seperti ketidaklancaran atau kegagalan hidup. Sekalipun tantangan, kesulitan, sakit penyakit dan kegagalan hidup, tidak selalu berarti Tuhan sedang menegor, kadang Tuhan memakai hal itu untuk menguji dan melatih iman kita. Tuhan juga bisa memakai semuanya itu untuk menegor kesalahan umat-Nya. Ketika peringatan atau tegoran yang ringan dari-Nya tidak ditangkap dengan baik, maka Tuhan bisa memakai cara yang lebih keras; Dia menghajar!

Karena itu, janganlah cepat bersungut-sungut atau bahkan menyalahkan Tuhan atas pengalaman hidup yang tidak baik, atau peristiwa buruk yang menimpa kita. Adalah jauh lebih baik kalau kita belajar menjadi lebih peka terhadapan kehendak Tuhan. Ketika gereja, keluarga, atau kehidupan pribadi mengalami “masalah,” barangkali itulah saatnya di mana Tuhan ingin kita mengevaluasi kembali hidup maupun pelayanan kita, barangkali semua itu terjadi karena hidup dan pelayanan kita telah kehilangan fungsi yang semula, seperti jemaat di Laodikia. Dia menegor dan menghajar, ketika kita melakukan kesalahan. Bagaimana dengan kehidupan Anda hari ini? Belajarlah peka terhadapan kesalahan yang kita lakukan dan tegoran yang Tuhan berikan kepada kita!

STUDI PRIBADI: Bagaimana cara Allah menegor umat-Nya yang berbuat salah pada-Nya? Apakah setiap persoalan yang menimpa kita berarti Allah sedang menegor kita? Alasannya!
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat agar mereka memiliki kepekaan terhadapan didikan dan tegoran Tuhan dalam hidup mereka sehingga mereka dapat mengalami pertumbuhan rohani dan pengenalan yang baik terhadap Tuhan. 
 





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply