You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 09 November 2011

Waspada dan Waspada
Bacaan hari ini: 1 Raja-raja 9:1-9
“Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu,... maka Aku akan meneguhkan tahta kerajaanmu atas Israel...” (1 Raja-raja 9:4-5)

Perjalanan hidup manusia yang serba cepat dan instant, membuat diri kita kurang waspada terhadap berbagai aspek kehidupan yang kita jalani, terutama aspek rohani. Kemerosotan moral dan meningkat-nya angka kejahatan merupakan salah satu indikator kemerosotan dalam aspek rohani dalam kehidupan manusia.


Kitab Raja-raja yang kita telah baca menunjukkan suatu penghargaan yang diberikan oleh Allah kepada Raja Salomo, karena telah membangun Rumah Allah dengan sangat baik. Namun di sisi lain, bagian ini memberikan peringatan supaya Raja Salomo hidup dengan benar sepanjang hidupnya. Karena itu kewaspadaan sangat diperlukan dalam hidupnya, demikian juga setiap anak Tuhan, perlu agar: pertama, waspada terhadap kehadiran Allah dalam hidup setiap anak Tuhan, sebab hati dan mata Allah tertuju pada Bait-Nya. Kehadiran Allah, di satu sisi, memberikan pengharapan dan penghiburan serta kekuatan bahwa segala sesuatunya, tidak pernah tidak diketahui oleh Allah. Tetapi di sisi lain, merupakan suatu peringatan bahwa segala sesuatu yang kita perbuat, tidak ada yang tersembunyi dari hadapan Allah. Menyadari kehadiran Allah dengan tepat dan benar akan membawa kita pada pertumbuhan rohani dan pengenalan akan Pribadi Allah, dengan baik dan benar.

Kedua, waspada akan hukuman dan juga murka Allah. Kitab Raja-raja mencatat bahwa bila Raja Salomo hidup tulus hati dan benar di hadapan Allah, maka Allah akan memberikan berkat-berkat-Nya. Namun, ini yang perlu kita perhatikan, apabila Raja Salomo berbalik dari Allah, maka seluruh bangsa Israel akan ditimpa hukuman Allah (ay. 7-9) yang mengerikan. Raja Salomo, sebagai seorang Pemimpin bangsa Israel, hidupnya berpengaruh bagi kehidupan dan kesejahteraan bangsa yang dipimpinnya.

Hari ini, tiap kita adalah seorang pemimpin, baik bagi keluarga ataupun di tempat lain, marilah kita selalu hidup waspada terhadap setiap godaan, tipu muslihat dan rancangan jahat yang ada di sekitar kita, karena Allah kita hadir dalam setiap aspek kehidupan kita.

STUDI PRIBADI: Apakah yang Allah janjikan kepada Salomo dalam pemerintahannya? Apa yang membuat sebuah kerajaan atau hidup seseorang menjadi hancur?
DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi para pejabat pemerintah agar mereka hidup takut akan Tuhan dan menjalankan tugas mereka dengan benar, supaya Tuhan berkenan dan memberkati bangsa ini sehingga rakyatnya dapat hidup sejahtera.


Download Versi PDF





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply