You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 01 Mei 2011

Menjadi Saksi Kristus
Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 1:6-11
“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku... sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8)

Sebelum kembali ke sorga, Tuhan memberi perintah untuk dikerjakan oleh Gereja dan orang-orang percaya, berkaitan dengan pemberitaan Injil kasih karunia Allah bagi dunia yang berdosa. Tugas tersebut diwujudkan melalui 2 macam cara. Cara yang pertama adalah secara aktif memberitakan Injil kepada sesama tanpa batasan suku, ras, bahasa dan lokasi, “Jadikan segala bangsa murid-Ku.” Cara yang kedua adalah melalui kesaksian; baik secara verbal menyaksikan karya penebusan Tuhan atas hidupnya, maupun secara pasif yakni melalui kesaksian hidup orang-orang percaya, yang menarik orang lain untuk ingin mengalaminya. Panggilan ini mencakup lingkup global, sampai ke ujung bumi.


Tuhan telah menyediakan anugerah keselamatan bagi segala bangsa, dan untuk menggenapi rencana besar-Nya, Tuhan memakai Gereja-Nya, anak-anak-Nya, menjadi rekan kerja-Nya. Tuhan tahu persis bahwa tugas tersebut tidaklah dapat dikerjakan hanya dengan kekuatan manusia saja, karena itu Tuhan telah menjanjikan bahwa Dia yang telah menerima segala kuasa dari Bapa, akan menyertai orang-orang yang memberitakan Injil. Kuasa Roh Kudus juga akan diberikan kepada mereka untuk menyaksikan Kristus dari Yerusalem sampai ke ujung bumi. Dan fakta telah menunjukkan bahwa rencana Allah besar ini sudah dan masih sedang terus diwujudkan; hari ini, seluruh bangsa di muka bumi ini sudah mendengar Injil, tinggal sisa suku-suku yang masih sedang terus dijangkau.

Allah tidak pernah bohong atau ingkar janji; penyertaan dan kuasa-Nya pasti akan melengkapi. Tapi, dari sisi manusia, dituntut tanggung jawab dan juga ketaatan. Ini adalah perintah dan bukan himbauan! Gereja dan orang-orang Kristen yang mengerti dan mau mengerjakan rencana besar ini, akan turut serta dalam pekerjaan penuaian yang mendatangkan kemuliaan bagi Allah dan Kerajaan-Nya. Sebaliknya, mengabaikan perintah Tuhan ini akan mengakibatkan kemandulan bagi Gereja maupun individu, terlebih akan menghilangkan identitas dan tujuan keberadaannya di dunia ini.

STUDI PRIBADI: Apa tugas utama gereja Tuhan dalam dunia ini? Apa artinya bahwa “gereja adalah partner Tuhan” di muka bumi ini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi gereja Tuhan yang ada di Indoensia agar mereka tidak hanya memperhatikan kegiatan-kegiatan internal gereja, tetapi juga pemberitaan Injil Tuhan ke berbagai suku yang ada di Indonesia. 
 





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply