You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Phone call by Kuwaiti courier led to bin Laden

WASHINGTON - Ketika salah satu pembantu Osama bin Laden yang paling terpercaya mengangkat telepon tahun lalu, dia tidak sadar menyebabkan pengejar AS ambang pintu bosnya, di dunia teroris yang paling dicari.

Bahwa panggilan telepon dimonitor, diceritakan Senin oleh pejabat AS, mengakhiri pencarian selama bertahun-tahun untuk kurir pribadi bin Laden, istirahat kunci dalam perburuan di seluruh dunia. Kurir, pada gilirannya, menyebabkan intelijen AS untuk suatu senyawa berdinding di timur laut Pakistan, di mana tim Navy SEAL bin Laden ditembak mati.

[Related: Timeline: Key dates in the hunt for bin Laden]


Menit-menit terakhir kekerasan adalah puncak dari tahun kerja intelijen. Di dalam tim berburu bin Laden CIA, selalu jelas bahwa kerentanan bin Laden adalah kurir nya. Dia terlalu pintar untuk membiarkan al-Qaida prajurit kaki, atau bahkan komandan senior, tahu tempat persembunyiannya. Tetapi jika ia ingin mendapatkan pesan keluar, seseorang harus membawa mereka, seseorang bin Laden dipercaya dengan hidupnya.

Tak lama setelah 11 September 2001, serangan teroris, tahanan di jaringan penjara rahasia CIA itu mengatakan interogator tentang kurir penting dengan nom de Guerre Abu Ahmed al-Kuwait yang dekat dengan bin Laden. Setelah ditangkap CIA No al-Qaida 3 pemimpin, Khalid Sheikh Mohammed, dia menegaskan tahu al-Kuwait tetapi membantah ia ada hubungannya dengan al-Qaida.

Kemudian pada tahun 2004, atas al-Qaida operative Hassan Ghul ditangkap di Irak. Ghul mengatakan kepada CIA bahwa al-Kuwait adalah kurir, seseorang penting bagi organisasi teroris. Secara khusus, Ghul mengatakan, kurir mendekati Faraj al-Libi, yang menggantikan Muhammad sebagai komandan operasional al-Qaida. Ini adalah istirahat kunci dalam berburu untuk di kurir pribadi bin Laden.

"Hassan Ghul adalah pasak pd as roda," kata seorang pejabat AS.

Akhirnya, pada bulan Mei 2005, al-Libi ditangkap. Dalam interogasi CIA, al-Libi mengaku bahwa ketika ia dipromosikan untuk berhasil Muhamad, ia menerima firman itu melalui kurir. Tapi dia membuat sebuah nama untuk kurir dan membantah tahu al-Kuwait, sebuah penolakan yang begitu bersikeras dan dipercaya bahwa CIA mengambil sebagai konfirmasi bahwa ia dan Muhammad adalah melindungi kurir. Ini hanya memperkuat ide bahwa al-Kuwait sangat penting al-Qaida.

Jika mereka bisa menemukan orang yang dikenal sebagai al-Kuwait, mereka akan menemukan bin Laden.

Wahyu bahwa kecerdasan dikumpulkan dari situs apa yang disebut CIA hitam membantu membunuh bin Laden dipandang sebagai pembenaran bagi para pejabat intelijen banyak yang telah berulang kali diselidiki dan dikritik karena keterlibatan mereka dalam program yang melibatkan metode interogasi yang paling keras dalam sejarah AS.

[Related: Major attacks by al-Qaida]

"Kami punya memukuli untuk itu, namun upaya-upaya mengarah ke ini hari yang baik," kata Marty Martin, seorang perwira pensiunan CIA yang selama bertahun-tahun memimpin memburu bin Laden.

Mohammed tidak membahas al-Kuwait sementara menjadi sasaran teknik tenggelam disimulasikan dikenal sebagai waterboarding, mantan pejabat mengatakan. Ia mengakui mengenalnya berbulan-bulan kemudian di bawah standar interogasi, kata mereka, meninggalkan sekali lagi Facebook perdebatan mengenai apakah teknik keras adalah alat yang berharga atau taktik tidak perlu kekerasan.

Butuh waktu bertahun-tahun bekerja sebelum CIA mengidentifikasi nama asli kurir's: Sheikh Abu Ahmed, seorang pria Pakistan yang lahir di Kuwait. Ketika mereka melakukan mengidentifikasi dirinya, ia tak bisa ditemukan. sumber The CIA tidak tahu di mana ia bersembunyi. Bin Laden terkenal bersikeras bahwa tidak ada telepon atau komputer digunakan di dekatnya, sehingga penyadap di National Security Agency terus datang dingin.

Ahmed diidentifikasi oleh tahanan sebagai seorang agen level menengah yang membantu al-Qaeda anggota dan keluarga mereka menemukan havens aman. Namun keberadaannya adalah seperti sebuah misteri untuk intelijen AS itu, menurut dokumen Teluk Guantanamo, seorang tahanan mengatakan Ahmed terluka saat melarikan diri pasukan AS selama invasi ke Afghanistan dan kemudian meninggal dalam pelukan tahanan.

Tetapi pada pertengahan tahun lalu, Ahmed memiliki percakapan telepon dengan seseorang yang dipantau oleh intelijen AS, menurut seorang pejabat Amerika, yang seperti orang lain yang diwawancarai untuk kisah ini hanya berbicara dengan syarat anonim untuk membahas operasi sensitif. Ahmed terletak di suatu tempat jauh dari tempat persembunyian bin Laden ketika ia diskusi, tapi cukup untuk membantu para pejabat intelijen mencari dan menonton Ahmed.

Pada bulan Agustus 2010, Ahmed tidak sadar menyebabkan pihak berwenang ke sebuah kompleks di kota timur laut Pakistan Abbottabad, di mana al-Libi pernah tinggal. Dinding di sekitar properti itu setinggi 18 kaki dan ditutup dengan kawat berduri. Para pejabat intelijen sudah tahu tentang rumah selama bertahun-tahun, tetapi mereka selalu curiga bahwa bin Laden akan dikelilingi oleh petugas keamanan bersenjata lengkap. Tidak ada yang berpatroli kompleks di Abbottabad.

Bahkan, tak ada yang datang atau pergi. Dan tidak ada saluran telepon atau internet berlari dari kompleks. CIA segera percaya bahwa bin Laden bersembunyi di depan mata, di sebuah tempat persembunyian terutama dibangun untuk pergi tanpa diketahui. Tapi karena bin Laden tidak pernah pergi dan tak ada yang bisa naik ke kompleks tanpa melalui dua pintu gerbang keamanan, tidak ada cara untuk memastikan.

Meskipun ketidakpastian itu, para pejabat intelijen menyadari hal ini bisa merupakan kesempatan terbaik yang pernah untuk sampai ke bin Laden. Mereka memutuskan untuk tidak berbagi informasi dengan siapa pun, termasuk kontraterorisme sekutu setia seperti Inggris, Kanada dan Australia.

Pada pertengahan Februari, para pejabat yakin sebuah "tinggi nilai target" bersembunyi di kompleks. Presiden Barack Obama ingin mengambil tindakan.

"Mereka percaya diri dan kepercayaan diri mereka tumbuh:".. Hal ini berbeda Kasus kecerdasan berbeda Apa yang kita lihat dalam senyawa ini berbeda dari apa yang pernah kita lihat sebelumnya, '"John Brennan, penasihat kontraterorisme atas presiden, kata Senin. "Saya yakin bahwa kami memiliki dasar untuk mengambil tindakan."

Pilihan terbatas. senyawa itu di sebuah lingkungan perumahan di suatu negara berdaulat. Jika Obama memerintahkan serangan udara dan bin Laden tidak berada di kompleks itu, itu akan menjadi masalah besar diplomatik. Bahkan jika Obama benar, melenyapkan senyawa tersebut bisa membuat hampir tidak mungkin untuk mengkonfirmasi kematian bin Laden.

Brennan mengatakan, "Presiden harus mengevaluasi kekuatan informasi tersebut, dan kemudian membuat apa yang saya percaya adalah salah satu dari panggilan yang paling gutsiest dari setiap presiden dalam memori terakhir."

Brennan mengatakan kepada CNN hari Selasa bahwa "tidak ada secuil informasi yang saat sebuah 'ah-hah'." Ia mengatakan para pejabat mengambil "potongan-potongan" intelijen dikumpulkan dan dianalisis selama jangka waktu yang panjang untuk memakukan memimpin mereka butuhkan.

Obama disadap dua lusin anggota elit Angkatan Laut SEAL Tim Enam untuk melakukan serangan dengan akurasi bedah.

Sebelum fajar pagi Senin, sepasang helikopter meninggalkan Jalalabad di Afghanistan timur. Helikopter memasuki wilayah udara Pakistan menggunakan teknologi canggih dimaksudkan untuk menghindari sistem radar negara itu, seorang pejabat AS mengatakan.

Secara resmi, itu adalah misi membunuh-atau-capture, karena AS tidak membunuh orang tak bersenjata berusaha untuk menyerah. Tapi itu jelas dari awal bahwa siapa pun yang berada di balik dinding-dinding tidak berniat menyerahkan diri, dua pejabat AS mengatakan.

Helikopter-helikopter diturunkan ke dalam kompleks, menjatuhkan SEAL balik dinding. Tidak ada tembakan, tapi tak lama setelah tim menyentuh tanah, salah satu helikopter runtuh dan berguling ke samping untuk alasan pemerintah belum menjelaskan. Tak satu pun dari SEAL terluka, bagaimanapun, dan misi terus terganggu.

Dengan CIA dan Gedung Putih memantau situasi secara real time - mungkin oleh satelit pakan hidup atau video yang dibawa oleh SEAL - tim menyerbu kompleks.

Berkat pemantauan satelit canggih, pasukan AS tahu mereka mungkin akan menemukan keluarga bin Laden di lantai kedua dan ketiga dari salah satu bangunan di properti, kata para pejabat. SEAL mengamankan sisa properti pertama, kemudian mulai ruangan tempat bin Laden bersembunyi. baku tembak pun terjadi, kata Brennan.

Ahmed dan saudaranya terbunuh, kata para pejabat. Kemudian, SEAL membunuh bin Laden dengan peluru tepat di atas mata kirinya, meniup bagian tengkoraknya, pejabat lain mengatakan. Menggunakan tanda panggilan untuk identifikasi visual, salah satu tentara dikomunikasikan bahwa "Geronimo" telah tewas dalam tindakan, menurut seorang pejabat AS.

tubuh Bin Laden segera diidentifikasi, tetapi AS juga melakukan tes DNA yang mengidentifikasi dirinya dengan hampir 100 persen pasti, pejabat senior pemerintah mengatakan. analisis Foto oleh CIA, konfirmasi di situs oleh wanita yang diyakini bisa bin Laden istri, yang terluka, dan mencocokkan ciri fisik seperti tinggi bin Laden semua membantu memastikan identifikasi. Di Gedung Putih, tidak ada keraguan.

"Saya pikir prestasi yang personel sangat berani dari pemerintah Amerika Serikat mampu mewujudkan kemarin adalah saat yang menentukan dalam perang melawan al-Qaeda, perang melawan terorisme, dengan memenggal kepala kepala ular dikenal sebagai al-Qaida," Brennan mengatakan.

Pasukan AS mencari kompleks dan terbang pergi dengan dokumen, hard drive dan DVD yang dapat memberikan intelijen berharga tentang al-Qaeda, seorang pejabat AS mengatakan. Seluruh operasi waktu sekitar 40 menit, kata para pejabat.

tubuh Bin Laden diterbangkan ke USS Carl Vinson di laut Arab Utara, seorang pejabat pertahanan senior mengatakan. Di sana, kapal perang Amerika Serikat, para pejabat melakukan ritual pemakaman tradisional Islam. tubuh Bin Laden dicuci dan ditempatkan dalam lembaran putih. Ia ditempatkan dalam kantong tertimbang yang, setelah pernyataan agama oleh seorang perwira militer, yang masuk ke laut sekitar 2 EDT Senin.

Kata Presiden, "Saya pikir kita semua bisa sepakat ini adalah hari yang baik untuk Amerika."

___

Associated Press penulis Dozier Kimberly, Eileen Sullivan dan Ben Feller di Washington dan Kathy Gannon di Islamabad, Pakistan, memberikan kontribusi untuk laporan ini.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply