You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 13 April 2011

Jangan Diombang-ambingkan Zaman
Bacaan hari ini: Efesus 4:11-16
“Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.” (Efesus 4:15)

Perkembangan zaman yang maju dan modern merupakan tempat yang sangat ideal bagi kemajuan iman kristen; namun juga sebagai sebuah tantangan bagi iman kristen agar tetap bediri teguh atas kebenaran firman Tuhan. Kondisi inilah yang perlu disadari oleh tiap anak Tuhan yang berada di tengah-tengah kemajuan zaman, di mana keteguhan dan keyakinan iman kristiani kita sedang diuji.

Rasul Paulus dalam tulisannya kepada Jemaat Efesus memberikan suatu peringatan, agar hidup anak-anak Tuhan mengalami pertumbuhan dan keteguhan iman yang mengarah kepada Kristus, sehingga kekristenan di tengah kota Efesus yang sangat maju pada zamannya, terus memberi dampak dan dapat membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.
Nasihat Rasul Paulus yang perlu kita perhatikan adalah; Pertama, Paulus menegaskan bahwa Allah adalah Allah yang berdaulat dan memelihara gereja dan iman anak-anak-Nya (ay. 11). Hal ini bukan berarti anak-anak Tuhan menjadi pasif. Sebaliknya, bahwa pengertian tersebut mendorong anak-anak Tuhan untuk mempertanggung-jawabkan tugas panggilan mereka kepada Allah yang hidup. Kedua, Paulus menekankan pentingnya menjaga hubungan pribadi dengan Tuhan (ay. 12-14). Relasi yang baik dan benar dengan Tuhan akan membawa setiap anak Tuhan untuk mencapai kesatuan iman, pengetahuan yang benar tentang Anak Allah dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus. Ketiga, Paulus juga mendorong setiap anak Tuhan untuk dapat terus teguh berpegang pada kebenaran (ay. 15). Kesetiaan anak Tuhan pada kebenaran harus menjadi daya juang (yang diciptakan, bukannya otomatis) yang selalu menggelora dalam kehidupan iman kekristenan, khususnya ketika iman kekristenan harus menjawab berbagai tantangan zaman tentang Kristus.

Hari ini, di tengah zaman yang begitu maju & mudah berubah, apakah kita masih setia kepada Kristus dalam kehidupan kita? Atau sebaliknya, bahwa kondisi zaman ini telah menggoncang dan memporak-porandakan iman kekristenan kita?

STUDI PRIBADI: Apa yang harus dilakukan orang percaya agar tidak terseret arus zaman yang bertentangan dengan firman Tuhan? Jelaskan alasannya!
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi para pemuda Kristen agar mereka memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan dalam ibadah maupun kehidupan doa mereka, sehingga mereka kuat menghadapi godaan hidup.





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply