You can visit my mobile version blog at http://blogpoenyabudi.blogspot.com/?m=1

Perspektif 14 April 2011

Gereja dan Firman Allah (2)
Bacaan hari ini: 2 Timotius 1:14 

“Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.” (2 Timotius 1:14)

Setelah kita mempelajari dua relasi penting antara Gereja dan firman Allah, di mana Gereja harus berdiri di atas pengajaran firman Allah dan Gereja harus memberitakan firman Allah yang murni, hari ini kita akan mempelajari, bahwa gereja yang benar harus memelihara firman Allah yang murni. Dalam ayat yang kita baca hari ini, Paulus mengatakan bahwa Injil/firman Allah itu bagaikan harta yang indah, yang dipercayakan kepada kita.



Mengapa firman Allah perlu dipelihara/dijaga? Sejarah gereja sudah membuktikan bahwa gereja tidak kebal terhadap penyimpangan. Biasanya penyimpangan ini tidak terjadi secara langsung, melainkan suatu proses. Pada abad pertengahan, gereja dipenuhi dengan tahayul dan mistik yang luar biasa, sehingga fokus iman jemaat tidak kepada Yesus, melainkan kepada orang-orang yang dianggap suci dan benda-benda yang dianggap sakti. Demikian pula, pada abad 18, gereja-gereja di Eropa meninggalkan iman yang ortodoks dan menjadi liberal. Maka dari itu, gereja harus senan-tiasa sadar bahwa ada tugas yang begitu penting, yang sering dilalaikan oleh gereja, yaitu menjaga harta yang indah ini.

Bagaimana gereja dapat memelihara firman yang murni? Tidak ada cara lain, selain mengajarkannya kepada jemaat melalui kotbah dan kelas pembinaan. Banyak gereja menganggap kotbah doktrin, kering dan tidak aplikatif, sehingga diganti dengan kotbah-kotbah ringan dan enak didengar tetapi tidak membangun kerohanian. Ini adalah bahaya bagi masa depan gereja. Jika gereja tidak setia mengajarkan apa yang Alkitab katakan, maka kita tidak bertanggung jawab menjaga harta ini.

Siapa yang bertanggung jawab menjaga kemurnian firman? Pertama-tama, jelas adalah para hamba Tuhan. Mereka adalah orang yang dipanggil khusus, di barisan paling depan, untuk menjaga firman. Kemudian adalah, majelis gereja. Jangan berpikir majelis hanya bertugas secara administratif saja. Mereka juga memiliki tugas rohani, yakni membantu hamba Tuhan menjaga kemurnian firman agar gereja tidak menyimpang.

STUDI PRIBADI: Mengapa gereja tidak kebal kepada penyimpangan? Apa pendapat Anda? Apa yang Paulus maksudkan dengan 2 Timotius 1:14 ini, menurut pandangan Anda?
DOAKAN BERSAMA: Berdoa bagi para hamba Tuhan, majelis & pengurus gereja masing-masing, agar mereka teliti, dan dengan hikmat dari Tuhan dapat membedakan ajaran yang sehat dan benar dari ajaran yang menyimpang. 
 





..:: Artikel yang Berkaitan ::..

Leave a Reply